Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puan Maharani Raih Gelar Doktor Honoris Causa di Korea Selatan

Kompas.com - 07/11/2022, 15:03 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Pukyong National University (PKNU) yang berada di Busan, Korea Selatan.

Puan mendapatkan gelar doktor kehormatan dari PKNU untuk bidang Ilmu Politik. Pengukuhan Puan sebagai Doktor Honoris Causa dari PKNU dilaksanakan, Senin (7/11/2022) di College Theatre PKNU.

Permohonan agar Puan berkenan menerima Doktor Honoris Causa disampaikan langsung Presiden PKNU, Prof. Dr. Jang Young-soo, yang datang ke DPR pada pertengahan bulan Juli 2022 silam.

Baca juga: Rektor UGM Mewisuda Putrinya yang Lulus dengan IPK 4.00

Prof. Dr. Jang Young-soo menyampaikan, PKNU akan dengan senang hati dan terhormat menawarkan Ibu Puan dengan ‘Ph.D. in Political Science’ berdasarkan kinerjanya yang dinilai luar biasa.

Gelar Doktor Honoris Causa berdasar kinerja Puan Maharani

Prof. Dr. Jang Young-soo menambahkan, pihaknya memberikan gelar Doktor Honoris Causa atas dasar kinerja Puan yang dinilai menghadirkan arah pembangunan masa depan menjanjikan bagi Indonesia.

"Ibu Puan juga mendorong perempuan Indonesia untuk berpartisipasi dalam tren global kesetaraan gender, dan menunjukkan kepemimpinan baru di seluruh Asia," urai Prof. Dr. Jang Young-soo seperti dikutip dari laman DPR, Senin (7/11/2022).

PKNU sendiri disebut memberikan Honoris Causa hanya kepada sejumlah kecil tokoh penting yang diakui secara sosial dan nasional.

Salah satunya kepada mantan Presiden Korea, Park Geun-hye saat menjadi Ketua Partai politik.

Prof Jang Young-soo memaparkan, PKNU juga telah bertukar prestasi akademik dengan banyak perguruan tinggi Indonesia.

Baca juga: Annyeonghaseyo, Ini 5 Kampus Terbaik Korea Selatan dan Beasiswanya

Baca juga: PPPK Guru 2022 Tutup 13 November, Cek Dokumen dan Cara Unggahnya

Merupakan gelar Doktor Honoris Causa kedua

Seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro Semarang, dan Institut Teknologi Bandung untuk beberapa nama.

"Universitas kami adalah yang terdepan dalam bidang penelitian bio laut yang sangat diperhatikan dan dipelopori oleh Indonesia," urai Prof Jang Young-soo.

Gelar kehormatan dari PKNU akan menjadi gelar Doktor Honoris Causa kedua bagi Puan Maharani.

Sebelumnya, Puan juga meraih gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional dari Universitas Diponegoro (Undip) pada tahun 2020.

Puan meraih gelar tersebut karena dinilai telah terbukti berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa, negara serta umat manusia.

Baca juga: 6 Jurusan Teknik Cocok bagi Perempuan, Calon Mahasiswi Pilih Mana?

Kontribusi itu dinilai terlihat dalam kedudukannya saat menjabat sebagai Menko PMK (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com