Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Yuk Mengenal Jurusan Aeronautika dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 07/11/2022, 13:42 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dulunya, Jurusan Aeronautika ialah Teknik Penerbangan. Tapi, kini banyak orang yang menggunakan istilah teknik aeronautika untuk merujuk teknik dirgantara atau penerbangan.

Melansir laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta, nantinya lulusan Jurusan Aeronautika akan mendapatkan pengetahuan serta kompetensi mengenai dunia penerbangan yang tentu saja sangat penting untuk diketahui.

Jurusan ini akan menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan dunia kedirgantaraan yang lingkup operasionalnya masih di dalam batas atmosfer bumi.

Adapun bidang yang akan dipelajari dalam jurusan ini antara lain seperti ilmu dan teknik penerbangan mengenai pesawat, helikopter dan bermacam ilmu teknik lain.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Sedangkan salah satu bidang yang menjadi konsentrasi pada jurusan aeronautika adalah konsentrasi perawatan airframe powerplant pesawat udara dan konsentrasi perawatan electrical avionic pesawat udara.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik di dunia dirgantara, maka bisa memilih jurusan kuliah yang satu ini. Maka, kamu harus mengenal lebih dekat Jurusan Aeronautika.

Mengenal Jurusan Aeronautika

Pesawat terbang adalah produk industri teknologi tinggi yang menjadi tolak ukur perkembangan teknologi tinggi dunia.

Proses perancangan dan perakitan pesawat terbang adalah integrasi dari berbagai disiplin ilmu yang meliputi proses penentuan bentuk, penentuan kekuatan, gerak sampai analisis segi ekonomisnya.

Lebih dari itu, proses tersebut memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi serta kerja sama tim.

Oleh karena itu, sudah menjadi hal yang wajar jika Jurusan Aeronautika menjadi bidang keilmuan yang paling banyak diminati oleh pecinta teknologi tinggi, kerjasama tim dan penyuka tantangan.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

Dengan potensi banyaknya jumlah armada mendorong banyak perusahaan manufaktur pesawat saling berkompetisi untuk menguasai bursa penjualan pesawat di tanah air.

Tentunya, bersamaan dengan itu juga prospek kerja dan masa depan Jurusan Aeronautika cukup cerah dan menjanjikan.

Sampai saat ini sudah ada banyak pesawat hasil produksi anak bangsa yang mendalami jurusan aeronautika. Seperti pesawat R-80 yang didesain dan diproduksi serta disertifikasi sampai assembly oleh perusahaan RAI yang didirikan oleh Habibie dan anaknya.

Selain itu, ada deretan lain seperti CN-235, CN-295, H215 Super Puma, N-250, N-219, NC-212, NAS-332 C1+, EC-725 Cougar serta BELL-412 EPI.

Dengan memilih Jurusan Aeronautika, mahasiswa akan mempunyai kemampuan dasar dalam mendesain drone dan juga mengetahui bagaimana mengaplikasikan drone untuk berbagai bidang, seperti aerial photography, pemetaan, search and rescue dan sebagainya.

Tanggung jawab lulusan Aeronautika

  • Merancang dan mengembangkan peralatan elektronik rumah tangga, peralatan komunikasi dan peralatan kantor.
  • Mempresentasikan jenis teknologi baru dalam peralatan mesin di rumah tangga, kantor sampai pabrik kepada konsumen.
  • Mengembangkan desain yang diikuti dengan tren teknologi mesin saat ini.
  • Melakukan berbagai penelitian pada desain dan teknologi mesin untuk mengembangkan ide-ide dalam merancang sebuah teknologi mesin baru.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Cocok bagi Anak SMK dan Prospek Kerjanya

Prospek kerja Jurusan Aeronautika

Adapun prospek kerja bagi lulusan jurusan teknik mesin yang menguasai bidang electrical avionic sangatlah besar. Selain itu, jenis dan jenjang karirnya juga sangat bervariasi.

Sama halnya dengan gajinya yang kompetitif untuk entry level. Beberapa karir lain yang bisa digeluti oleh lulusan teknik electrical avionic yakni:

  • Mekanik pesawat
  • Bagian perencanaan produk otomotif
  • Mekanik mobil
  • Perancang dan teknisi mesin
  • Teknisi dan operator pabrik
  • Teknisi robot atau robot engineer

Bagi yang tertarik untuk kuliah Jurusan Aeronautika, maka bisa mendaftar di kampus Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com