Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Lanjut S2-S3 di ITB? Ada Pilihan Beasiswa hingga 100 Persen

Kompas.com - 28/10/2022, 08:37 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) tidak hanya populer dengan jenjang sarjananya. Program pascasarjana (S2) yang ditawarkan pun tidak kalah menarik.

Sekolah Pascasarjana (SPs) Institut Teknologi Bandung (ITB) aktif membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa. Namun, tidak berhenti sampai di situ saja.

Kini, SPs ITB turut menyediakan beasiswa yang sumber dananya berasal dari ITB sendiri dan kerja sama pendidikan dengan instansi.

Baca juga: Sosok Sam Maykel, Wisudawan Termuda ITB Lulus S2 di Usia 21 Tahun

Melansir situs SPs ITB, berikut beasiswa yang disediakan bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi program pascasarjana di ITB.

Beasiswa Sumber Dana ITB

Ganesha Talent Assistantship (GTA)

GTA merupakan program subsidi Biaya Penyelengaraan Pendidikan (BPP) kepada mahasiswa. Beasiswa ini mewajibkan mahasiswa untuk berkontribusi paruh waktu pada kegiatan ITB.

Saat ini beasiswa GTA terdiri dari dua jenis.

Baca juga: Sosok William, Lulusan Terbaik, Termuda, Tercepat ITB dengan IPK 4,00

Pertama, Beasiswa GTA Mahasiswa Baru yang terdiri dari 5 poin, yaitu:

  1. Ganesha Talent Assistantship Scholarship (GTA-50): mahasiswa program sarjana lulusan ITB dalam 3 tahun terakhir yang akan melanjutkan program magister di ITB diberikan pembebasan BPP 50 persen.
  2. Ganesha Talent Assistantship Scholarship (GTA-100): pembebasan BPP 100 persen diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti Program Penyatuan Sarjana dan Magister ITB dengan program studi linear (kecuali program multidisiplin) serta riset berkesinambungan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.25.
  3. Ganesha New Graduate Assistantship (GNGA 50 dan GNGA100): bantuan biaya pendidikan untuk program studi baru, baik S2 maupun S3. Bantuan ini ditujukan kepada prodi multidisiplin seperti Magister Teknologi Nano dan Doktor Sains serta Teknologi Nano.
  4. Ganesha Talent Assistantship–Research Group (GTA-RG): mahasiswa program doktor yang berminat melanjutkan program doktor dengan rekomendasi dari KK mendapatkan pembebasan BPP 100 persen.
  5. Ganesha Talent Assistantship-International Fellowship (GT-IF): mahasiswa Program Doktor Berkewarganegaraan Asing dapat diberikan pembebasan BPP sebesar 100 persen.

Kedua, Beasiswa GTA Mahasiswa On Going terdiri dari 2 jenis seperti di bawah ini.

  1. Ganesha Talent Assistantship Scholarship (GTA-50): mahasiswa program magister di ITB dengan IPK minimal 3,25 dan program doktor yang akan memasuki tahap 3 yakni penelitian diberikan pembebasan BPP 50 persen.
  2. Ganesha Talent Assistantship Scholarship (GTA-100): pembebasan BPP 100 persen diberikan kepada mahasiswa program magister di ITB dengan IPK minimal 3,50 dan program Doktor yang telah mendapatkan surat keputusan tahap 3 yakni penelitian.

Baca juga: 3 Wisudawan ITB Ini Lulus dengan IPK 3,98

Beasiswa Sumber Dana dari Instansi

1. LPDP

Program Beasiswa LPDP merupakan beasiswa penuh program Magister dan Doktor bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Beasiswa ini dapat dimanfaatkan bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh jenjang pendidikan pascasarjana di ITB dengan pembiayaan pendidikan 100 persen dari pemerintah, termasuk tunjangan lainnya.

2. BUDI DN

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Dalam Negeri (BUDI-DN) merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Ditjen Sumber Daya IPTEK Dikti bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Beasiswa ini ditujukan bagi dosen tetap perguruan tinggi yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Dalam Negeri (NIDN) untuk program Magister dan Doktor.

3. BPPDN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com