Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Cari Kerja, Ada Pilihanmu?

Kompas.com - 25/10/2022, 12:42 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan kuliah paling mudah cari kerja setelah lulus banyak dipilih calon mahasiswa.

Keterampilan dan keahlian di beberapa jurusan kuliah ini sangat dibutuhkan di dunia kerja. Sehingga setelah lulus, mahasiswa bisa segera mendapat pekerjaan.

Bahkan ada pula mahasiswa yang belum lulus juga sudah diterima di suatu perusahaan karena keterampilan yang dimilikinya.

Melansir dari akun Instagram Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Flip English, Selasa (25/10/2022) membagikan informasi tentang 8 jurusan kuliah yang paling mudah cari kerja.

Jurusan apa saja itu? Simak informasi berikut ini:

Baca juga: 2 Sekolah Kedinasan Tidak Gunakan Syarat Tinggi Badan, Ini Dia

Jurusan kuliah paling mudah cari kerja

1. Akuntansi dan keuangan

Salah satu jurusan kuliah yang banyak dicari dunia kerja adalah lulusan akuntansi dan keuangan. Pasalnya setiap perusahaan akan membutuhkan jasa seorang akuntan.

Peluang karier lulusan jurusan ini juga terbuka lebar. Mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan hingga manajer perpajakan.

2. Teknik Industri

Satu lagi jurusan kuliah yang paling mudah cari kerja yakni Teknik Industri. Lulusan Teknik Industri punya keahlian dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan.

Lulusan teknik industri tidak hanya bekerja di sektor industri. Tetapi juga bisa berkecimpung di sektor logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan masyarakat dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Negara Terdamai dan Rekomendasi Kampus Terbaiknya

3. Manajemen Bisnis

Jurusan manajemen bisnis dapat membantu mengelola bisnis dan manajemen dengan lebih baik sehingga mampu bersaing di tingkat global.

Tak hanya itu, lulusan kuliah ini bisa memanfaatkan pengetahuan untuk bekerja sebagai manajer HRD, marketing atau business researcher.

4. Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi tidak hanya mempelajari aspek teknis terkait teknologi informasi tetapi pengetahuan tentang manajemen dan bisnis.

Bukan hanya perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan sistem informasi melainkan lembaga pemerintah pun membutuhkan lulusan jurusan ini.'

Baca juga: Mengapa SNBP 2023 Pakai Nilai Rata-rata Seluruh Mapel? Ini Penjelasannya

5. Kedokteran

Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan favorit sejak dulu hingga sekarang. Hal ini juga tidak terlepas karena jurusan di bidang kesehatan banyak dibutuhkan setelah lulus.

Jenjang karier lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain bisa membuka praktik sendiri, mahasiswa lulusan Kedokteran bisa membuka layanan konsultasi online.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com