Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah IPS Paling Populer bagi Calon Mahasiswa

Kompas.com - 25/10/2022, 11:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UMN

KOMPAS.com - Menentukan jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan. Bagi calon mahasiswa tentu harus jeli dan bisa menyesuaikan dengan minat serta bakatnya.

Sebab, kuliah 3 atau 4 tahun itu tidak sebentar. Maka dari itu jurusan kuliah harus disesuaikan dengan passion kamu sebagai calon mahasiswa.

Terlebih bagi anak IPS, ada beberapa jurusan kuliah IPS paling populer di kampus. Meski pada 2023 ada skema baru dari pemerintah yang membolehkan lintas jurusan, tapi bagi anak IPS yang ingin tetap pada jurusan IPS bisa memilih beberapa jurusan kuliah ini.

Melansir laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut rekomendasi jurusan kuliah IPS yang paling populer.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Cocok bagi Anak SMK dan Prospek Kerjanya

Ekonomi Akuntansi jadi terpopuler 1

Jurusan Ekonomi atau Akuntasi tentu sudah tak asing lagi dan sudah menjadi hal yang umum bagi anak-anak IPS. Selain itu, Fakultas Ekonomi dinilai sangat keren dan kesempatan kerja sangat beragam.

Jenis pekerjaan apa yang dapat dilakukan oleh lulusan akuntansi? Dengan gelar ini, kamu dapat bekerja sebagai akuntan, akuntan sewaan, auditor akuntansi, dan banyak lagi.

Tentu saja, setiap kantor, publik atau swasta, membutuhkan seorang akuntan. Begitu pula pada lembaga pendidikan dan yayasan.

Psikologi jadi terpopuler 2

Untuk jurusan kuliah IPS terpopuler kedua ialah psikologi. Jurusan ini sering disebut "Jurusan Kedokteran" anak-anak IPS.

Usai dapat gelar sarjana, kamu bisa melanjutkan ke tingkat master yang memenuhi syarat secara profesional dan memulai praktik konseling sendiri sebagai psikolog.

Tapi, bagaimana jika kamu baru saja lulus S1 Psikologi? Kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa bekerja sebagai karyawan pengembangan sumber daya manusia (HRD) perusahaan di berbagai sektor industri seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata dan manufaktur.

Baca juga: Intip Dampak Positif Mahasiswa yang Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah

Tak hanya itu saja, dijurusan ini kamu dapat memilih untuk fokus pada Psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Anak, dan Psikologi Perkembangan.

Hubungan Internasional jadi terpopuler 3

Hubungan Internasional (HI) juga jadi jurusan kuliah IPS paling populer. Ada banyak profesi yang dianggap bergengsi oleh masyarakat umum, seperti diplomat, konsultan imigrasi, jurnalis internasional, dan konsultan politik, ditekuni oleh lulusan HI.

Selama belajar di Hubungan Internasional, kamu akan mempelajari materi yang tidak jauh dari hubungan internasional antar negara seperti hukum internasional, perdagangan luar negeri, dan lain sebagainya.

Ilmu Hukum jadi terpopuler 4

Menjadi pengacara tentu juga bisa dapat penghasilan tinggi. Meski demikian, kamu harus kuliah di Fakultas Hukum.

Untuk menjadi seorang pengacara harus melanjutkan pendidikan bahkan setelah menyelesaikan S1 Hukum. Pilihan karir lain yang bisa kamu lakukan adalah menjadi notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Halaman:
Sumber UMN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com