Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerjaan yang Banyak Dicari 7 Tahun Mendatang, Mahasiswa Siap-siap

Kompas.com - 25/10/2022, 09:39 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Meningkatkan keterampilan melalui upskilling hingga reskilling di era 4.0 menjadi salah satu cara terbaik untuk membantumu membangun karier. Terlebih, bila kamu ingin berkarier di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah.

Berdasarkan dari laporan World Economic Forum, the Forum’s Future of Jobs Survey 2020, menjelang tahun 2025 hingga 2030, menguasai keterampilan dalam sejumlah bidang dapat membantumu menggeluti profesi yang banyak dibutuhkan dunia kerja era teknologi.

Pasalnya, dengan adanya penggunaan Big Data di industri, ada profesi-profesi baru di masa depan yang bisa digeluti.

Baca juga: 9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

Berikut beberapa pekerjaan yang memiliki prospek cemerlang 7 tahun ke depan, melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN):

1. Business Development Professionals

Tugas seorang business development atau pengembangan bisnis ialah memberikan sebuah ide, inisiatif, serta langkah nyata untuk membuat bisnis menjadi lebih baik.

Memahami nilai (value) pelanggan dengan baik serta meningkatkan profitabilitas produk atau layanan juga merupakan salah satu tanggung jawab profesi ini.

Tidak hanya itu, pada profesi ini juga kamu bisa membangun hubungan partnership kepada strategic partner yang bisa membantu bisnis lebih maju hingga menentukan strategi bisnis.

Keterampilan yang bisa kamu bangun untuk menggeluti profesi business development ialah keterampilan di bidang sales, marketing atau penjualan, manajemen proyek/ business plan, manajemen produk.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

2. Digital Marketing Spesialist

Seorang digital marketing specialist dituntut terampil menyusun strategi bisnis secara efektif dan efisien menggunakan data.

Pekerjaan seorang digital marketer yaitu seputar mempromosikan produk atau layanan secara digital melalui konten-konten yang terbaik melalui situs web bisnis, social media, SEO, SEM, dan bentuk promosi lainnya yang bisa meningkatkan pengalaman pelanggan.

3. Content Writer

Salah satu profesi yang tak kalah keren dan nantinya dibutuhkan di industri yaitu content writer.

Pekerjaan seorang content writer atau penulis konten yaitu membuat sebuah konten topik khusus di platform online yang di mana mereka akan melakukan penelitian serta kreativitas untuk menghasilkan ide-ide konten unik dan berbeda.

Content writer juga akan terlibat dalam mengedit dan mengoreksi materi konten sebelum dilakukannya publikasi, hal ini agar dapat memastikan konten selaras dengan keinginan atau tujuan bisnis.

Di era digital, content writer sangat dibutuhkan untuk menyampaikan pesan melalui tulisan dan juga menjadi bentuk komunikasi antara bisnis dengan pelanggan. Biasanya melalui artikel, blog post, social media post, atau informasi deskripsi produk.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

4. Machine Learning & AI

Dari banyaknya teknologi yang berkembang dan pengaplikasian pada bisnis, maka dibutuhkan tenaga spesialis Machine Learning dan Artificial Intelligence (AI) profesional yang bisa membantu perusahaan mengoperasikan bisnis secara efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com