Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Budaya Korea KT&G, Gelar Workshop "Kimchi" hingga "Hangul"

Kompas.com - 24/10/2022, 13:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - KT&G melalui Sangsang University menggelar "SSUSub Fest 2022" yang merupakan festival kebudayaan Korea di KT&G Korean Language Center, Surabaya, yang akan berlangsung hingga 28 Oktober 2022.

Festival berlangsung satu hari sebelum “Hari Hangul”, hari besar yang memperingati penemuan aksara Korea. Festival Kebudayaan Korea tahun ini berhasil menarik kehadiran lebih dari 150 partisipan setelah beberapa tahun ditunda akibat Covid-19.

Mengingat festival ini digelar dalam rangka “Hari Hangul”, pengunjung turut mempelajari kaligrafi “Hangul” dan membuat kartu pos dengan nama mereka sendiri yang ditulis dalam aksara “Hangul”.

Young Ah Shim, Head, Social Contribution Office, KT&G, mengungkapkan, “karena sempat tertunda lama, kami mempersiapkan beberapa program acara yang menarik minat pihak yang familier atau belum dengan kebudayaan Korea.”

“Kami akan terus mempererat pertukaran budaya antara Korea dan Indonesia. Tujuannya, menyediakan sarana yang menjembatani kedua negara ini," tambahnya.

Beragam kegiatan kebudayaan Korea, termasuk membuat Kimchi dan kaligrafi Hangul

“Kimchi” merupakan salah satu makanan khas Korea terbuat dari sayur fermentasi. Peserta acara belajar membuat kimchi dari pakar, dan mencicipi kimchi buatannya.

Kegiatan kebudayaan lain termasuk belajar kaligrafi Korea, mencicipi kuliner Korea, menikmati kebudayaan pop Korea, serta mengikuti permainan tradisional Korea.

Pengunjung dari generasi muda sangat tertarik dengan kebudayaan pop Korea karena juga menawarkan program yang tengah populer di Korea, seperti bilik foto (photo booth) stiker.

Sementara, “KT&G Daechi Gallery”, galeri seni yang berada di kantor pusat KT&G di Korea, juga mengadakan sebuah acara khusus yang mempromosikan pertukaran budaya antara Korea dan Indonesia.

Baca juga: 4 Musim di Korea Selatan dan Waktu yang Tepat untuk Liburan

Galeri ini memamerkan 55 karya dengan tulisan tangan buatan pelajar “KT&G Korean Language Center” tentang “Hangul” dan Korea. Pameran ini berlangsung hingga 28 Oktober 2022.

Finolita, pelajar Korean Language Center, menyampaikan, “saya menilai Hagul merupakan aksara yang sangat unik dan menarik.” Hal senada disampaikan Lia, pelajar lainnya, “saya berhasil mengembangkan diri dengan belajar banyak hal seperti bahasa dan kebudayaan Korea di KT&G Korean Language Center.”

Sebagai informasi, Korean Language Center dibuka oleh KT&G di Jakarta pada 2014 sebagai lembaga bahasa pertama yang dikelola sebuah perusahaan Korea di Indonesia. Kini, lokasinya dipindahkan ke Surabaya.

Sebanyak 2.400 pelajar telah mengikuti program di pusat bahasa Korea tersebut. Sebanyak 376 pelajar bahkan belajar bahasa Korea difasilitas ini pada tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com