Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hemat Energi UNY Pecahkan Rekor Asia, 1 Liter BBM Tembus 544 Km

Kompas.com - 17/10/2022, 08:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Apa jadinya jika mobil komersial bisa seirit mobil karya Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pasalnya, satu liter bahan bakar bisa menempuh jarak hingga 544 kilometer.

Tapi, mobil hemat energi UNY itu dirancang khusus untuk mengikuti ajang Shell Eco Marathon Asia 2022 yang dihelat di Sirkuit Mandalika Indonesia, 11-15 Oktober 2022.

Bahkan saking iritnya, mobil Garuda UG-22 Tim Garuda UNY mampu pecahkan rekor konsumsi bahan bakar di Asia yang sebelumnya 500 km/liter menjadi 544 km/liter.

Hingga akhirnya mengantarkan Tim Garuda UNY Juara 1 kategori Urban ICE Shell Eco Marathon di Mandalika yang diikuti 49 tim dari 9 negara.

Baca juga: Mahasiswa KKN UNY Inovasi Penjernih Air Sederhana

Semua tim ditantang untuk mengembangkan mobil dengan konsumsi bahan bakar sehemat atau seirit mungkin.

Banyak hambatan dan tantangan

Menurut Manager Garuda UNY Team, Kesit Bayu Purnomo, prestasi yang dicapai Tim Garuda UNY itu tidak didapat dengan mudah.

"Sejak mendapatkan informasi mengenai kompetisi ini, kami langsung melakukan persiapan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/10/2022).

"Persiapannya kurang lebih enam bulan hingga akhirnya mobil kami kirim ke Sirkuit Mandalika. Prosesnya cukup panjang dari mulai brainstorming, riset kendaraan, manufaktur, hingga latihan driver," jelasnya.

Ternyata, tim tersebut juga menemui tantangan serta hambatan dalam persiapan untuk ikut kompetisi. Perdebatan kerap hadir dalam rapat persiapan Tim Garuda UNY dalam menentukan strategi terbaik.

Adhy Wahyu, salah satu anggota Tim Garuda UNY menuturkan bahwa mereka rapat kadang hingga larut malam, hingga kehilangan waktu libur. Semua berdiskusi tentang cara agar kami bisa menang dan mencapai target team.

Tak hanya pada persiapan, tantangan dan hambatan masih harus dihadapi oleh Tim Garuda UNY hingga kompetisi berlangsung.

Baca juga: Mahasiswa UNY Ajarkan Siswa SD Kesiapsiagaan Bencana

Hingga pada saat pelaksanaan kompetisi, Tim Garuda UNY mendapatkan sejumlah masalah yang cukup membuat terpukul para anggota tim.

Sebab, pada hari pertama race diadakan, terdapat kesalahan teknis yang membuat mobil Garuda UG-22 tidak dapat mencapai finish.

Bahkan setelah sejumlah perbaikan dilakukan, mobil Garuda UG-22 gagal melakukan race karena terlambat 3 detik dalam memasuki track. Pada hari itu, tangis kesedihan mewarnai paddock nomor 524 milik Tim Garuda UNY.

Meski cukup terpukul, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi anggota tim untuk terus berlarut dalam kesedihan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com