Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran beasiswa non-gelar bagi dosen dan pegawai Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 ke luar negeri. Beasiswa yang diberikan berupa pelatihan bahasa asing yakni bahasa Arab dan Inggris.

Melansir laman resmi Kemenag, kesempatan mendapatkan beasiswa tersebut juga diberikan kepada alumni PTK yang ingin kuliah pascasarjana pada perguruan tinggi di luar negeri.

“Kami telah siapkan beasiswa untuk dosen, pegawai, dan alumni perguruan tinggi keagamaan yang ingin meningkatkan kompetensi bahasanya dalam rangka kuliah S2 dan S3 di luar negeri,” ujar Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie dalam keterangannya, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Antisipasi Banjir, Mahasiswa ITS Buat Alat Penakar Hujan Otomatis

Menurut Anna, program pelatihan beasiswa ini akan diberikan dalam dua pilihan bahasa yakni Arab dan Inggris, dalam jangka waktu tiga bulan.

Keseluruhan biaya pelatihan akan ditanggung oleh Kemenag dan dibayarkan langsung ke lembaga penyelenggara, termasuk biaya final tes bahasa.

Kemenag juga akan menanggung biaya hidup penerima beasiswa selama menjalani pelatihan bahasa tersebut.

“Kami juga siapkan biaya hidup untuk para peserta sebesar empat juta rupiah per bulan. Ada juga biaya transportasi dari daerah asal ke lokasi pelaksanaan program,” ujar Anna.

Baca juga: Kemendikbud-Google Buka Program Bangkit 2023, Mahasiswa Segera Daftar

Selain meningkatkan kemampuan bahasa Asing, mereka juga akan mendapat pelatihan tentang penulisan proposal penelitian, tips studi di luar negeri, wawasan kebangsaan, dan moderasi beragama.

Guna mencapai tujuan tersebut, Kasubdit Ketenagaan pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ruchman Basori mengatakan bahwa Kemenag akan bekerjasama dengan Pusat Bahasa pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Bagi peserta yang berminat mengikuti program beasiswa ini, berikut jadwal seleksi dan pelaksanaan program tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+