Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Buka Beasiswa Pelatihan Bahasa Asing, Beri Tunjangan Bulanan

Kompas.com - 14/10/2022, 11:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran beasiswa non-gelar bagi dosen dan pegawai Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 ke luar negeri. Beasiswa yang diberikan berupa pelatihan bahasa asing yakni bahasa Arab dan Inggris.

Melansir laman resmi Kemenag, kesempatan mendapatkan beasiswa tersebut juga diberikan kepada alumni PTK yang ingin kuliah pascasarjana pada perguruan tinggi di luar negeri.

“Kami telah siapkan beasiswa untuk dosen, pegawai, dan alumni perguruan tinggi keagamaan yang ingin meningkatkan kompetensi bahasanya dalam rangka kuliah S2 dan S3 di luar negeri,” ujar Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie dalam keterangannya, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Antisipasi Banjir, Mahasiswa ITS Buat Alat Penakar Hujan Otomatis

Menurut Anna, program pelatihan beasiswa ini akan diberikan dalam dua pilihan bahasa yakni Arab dan Inggris, dalam jangka waktu tiga bulan.

Keseluruhan biaya pelatihan akan ditanggung oleh Kemenag dan dibayarkan langsung ke lembaga penyelenggara, termasuk biaya final tes bahasa.

Kemenag juga akan menanggung biaya hidup penerima beasiswa selama menjalani pelatihan bahasa tersebut.

“Kami juga siapkan biaya hidup untuk para peserta sebesar empat juta rupiah per bulan. Ada juga biaya transportasi dari daerah asal ke lokasi pelaksanaan program,” ujar Anna.

Baca juga: Kemendikbud-Google Buka Program Bangkit 2023, Mahasiswa Segera Daftar

Selain meningkatkan kemampuan bahasa Asing, mereka juga akan mendapat pelatihan tentang penulisan proposal penelitian, tips studi di luar negeri, wawasan kebangsaan, dan moderasi beragama.

Guna mencapai tujuan tersebut, Kasubdit Ketenagaan pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ruchman Basori mengatakan bahwa Kemenag akan bekerjasama dengan Pusat Bahasa pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Bagi peserta yang berminat mengikuti program beasiswa ini, berikut jadwal seleksi dan pelaksanaan program tersebut.

Jadwal seleksi dan pelaksanaan program

1. Pendaftaran Program 17 - 23 Oktober 2022

2. Seleksi Administrasi dan Asesmen 26 - 28 Oktober 2022

3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Asesmen 31 Oktober 2022

4. Pelaksanaan Program 7 November 2022 - 27 Januari 2023

Baca juga: Profil MAN 2 Kota Malang, Sekolah Terbaik di Malang

Tata cara pendaftaran

1. Melakukan pendaftaran akun peserta secara daring melalui laman:https://beasiswa.kemenag.go.id.

2. Melengkapi profil peserta yang memuat data identitas diri, data keluarga, data pendidikan, data prestasi akademik dan/atau non-akademik, data kemampuan bahasa, dan data organisasi.

3. Pendaftar dapat melihat pengumuman hasil seleksi administrasi dan asesmen pada dasbor pendaftar.

4. Daftar ulang dan pengiriman berkas persyaratan lanjutan dilakukan oleh masing-masing calon peserta dengan cara input data dan upload berkas persyaratan melalui laman: https://beasiswa.kemenag.go.id.

Info selengkapnya tentang program beasiswa ini, silakan cek di laman: https://cdn.kemenag.go.id/storage/archives/1665558058.pdf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com