Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Fakultas Kehutanan, 9 Profesi Menjanjikan Ini Bisa Kamu Geluti

Kompas.com - 13/10/2022, 08:56 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Sumber Gramedia

KOMPAS.com - Fakultas Kehutanan bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Presiden RI Joko Widodo merupakan lulusan S1 Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1985.

Fakultas Kehutanan merupakan salah satu jurusan kuliah dengan prospek kerja menjanjikan, pasalnya Indonesia termasuk salah satu negara luas hutan terbesar dunia.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut, luas hutan Indonesia secara hukum (de jure) 120,5 juta hektare dan secara faktual (de facto) mempunyai tutupan hutan 86,9 juta hektare.

Luasnya hutan di Indonesia ini, tentu memerlukan sumber daya manusia yang bisa ikut terjun mengurus berbagai masalah kehutanan di Indonesia. Maka dari itu, beberapa perguruan tinggi memiliki jurusan kehutanan

Baca juga: 4 Tempat Jokowi Mengenyam Pendidikan

Di Fakultas Kehutanan mahasiswa akan mempelajari pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan.

Ilmu Kehutanan sebagai induk dari cabang program studi Konservasi Sumber daya Hutan dan Ekowisata, Teknologi Hasil Hutan, Pengelolaan Hutan, dan Manajemen Hutan, yang termasuk dalam Fakultas Kehutanan. Namun, di beberapa perguruan tinggi, jurusan kehutanan masuk ke dalam Fakultas Pertanian.

Berikut seputar Fakultas Kehutanan di Indonesia yang perlu calon mahasiswa ketahui, dilansir dari laman Gramedia:

Siapa yang cocok dengan jurusan kehutanan?

Jurusan di Fakultas Kehutanan cocok untuk kamu yang ingin lebih banyak bekerja di luar ruangan, pecinta alam, enggan hidup monoton, hingga penyuka tantangan.

Ekosistem asli yang terus berubah tentunya akan memberikan pengalaman berbeda yang terus menerus bagi mahasiswa.

Baca juga: 6 Kampus Jurusan Pertanian dan Kehutanan Terbaik di Indonesia

Apalagi jika dapat berperan dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup makhluk hidup lain, maka ada perasaan bangga.

Sebab, jurusan Fakultas Kehutanan memungkinkanmu melakukan perubahan yang lebih baik terhadap dunia. Berikut karakter siswa atau calon mahasiswa yang cocok untuk masuk Jurusan Kehutanan:

  • Tekun
  • Kritis
  • Rasional
  • Observan
  • Terstruktur
  • Independen
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Bisa bekarja dengan team
  • Kemampuan melakukan observasi
  • Kemampuan meneliti

Prospek kerja lulusan Fakultas Kehutanan

Prospek kerja jurusan kehutanan sangat luas. Mulai dari bekerja di lembaga non-profit, instansi pemerintah, hingga menjadi wirausaha. Apa saja karir para lulusan Jurusan Kehutanan? Ini daftarnya:

Baca juga: Biaya Kuliah S2 UGM Magister Manajemen 2022, Jadwal dan Cara Daftar

1. Bekerja di NGO atau Non Government Organization

Lulusan sarjana kehutanan bisa memulai karir melalui lembaga-lembaga non-profit yang fokus pada konservasi hutan. Ada banyak NGO atau LSM yang mengampanyekan perlindungan hutan untuk kehidupan di masa depan. Misalnya, bergabung di Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati),  Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). 

2. Bidang pemetaan hutan

Pekerjaan ini menuntut lulusan Jurusan Kehutanan untuk melakukan pemetaan lahan yang akan dibatasi sebagai hutan lindung atau hutan produksi dan yang lainnya

3. Manajemen satwa liar

Pengelola Satwa Liar bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kelompok hewan yang terkena dampak kegiatan pembangunan manusia dalam kondisi aman dan sehat. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com