Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Farmasi Unja Inovasi Spray Anti Nyamuk dari Limbah Ini

Kompas.com - 11/10/2022, 19:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Limbah sawit jantan ternyata bisa dijadikan bahan untuk membuat spray anti nyamuk. Adapun inovasi ini dihasilkan oleh Dosen Program Studi Farmasi Universitas Jambi (Unja), Uce Lestari, S.Farm., M.Farm. Apt.

Penelitian yang menghasilan produk ‘Repellent Spray’ itu merupakan penelitian lanjutan dari penelitian dan PKM di Kelurahan Tanjung Johor, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi mengenai Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS).

Menurutnya, produknya itu memiliki manfaat sebagai penolak terhadap nyamuk. Uce mengatakan bahwa penelitiannya tersebut merupakan bagian dari program pengabdiannya sebagai seorang dosen Unja.

Baca juga: Setahun Kuliah di Unja, Mahasiswa Asal Myanmar Senang dan Terharu

"Kita sebagai dosen itu dituntut untuk melakukan penelitian, minimal dua kali dalam setahun," ujarnya dikutip dari laman Unja, Senin (10/10/2022).

"Dengan banyaknya perkebunan tentu ada limbah yang tidak bisa di manfaatkan, di situlah saya melakukan penelitian agar limbah sawit memiliki nilai ekonomi. Selain ini ada juga penelitian bunga butelang yang sudah lolos Dikti," imbuhnya.

Punya aroma khas menyengat

Dijelaskan, bunga sawit jantan tidak dapat berkembang secara sempurna menjadi buah, sehingga bunga sawit jantan akan gugur dan terbuang.

Namun, bunga sawit jantan banyak mengandung senyawa estragole yang memiliki aroma khas yang menyengat, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai insektisida nabati yang digunakan untuk membunuh atau anti nyamuk dan serangga (repellent).

Berdasarkan hal tersebut, dalam pemanfaatan limbah bunga sawit jantan, Uce menformulasikannya dalam bentuk repelan spray anti nyamuk.

Baca juga: Unja Punya Prodi Baru, Ini Jadwal Pendaftarannya

"Saat ini belum ada ditemukan repelan spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan dipasaran," tuturnya.

Adapun tujuan dari penelitian ini ialah menemukan formula repelan spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan yang memiliki sifat fisik baik, stabil pada penyimpanan serta memiliki aktivitas sebagai penolak nyamuk secara alami serta aman dalam hal penggunaanya.

Ia juga menjelaskan bahwa dipenelitian itu dibuat 3 formula repelan spray kontrol positif dan control negatif.

Masing-masing formula mengandung ekstrak etanol cair bunga sawit jantan (Elaeis guineensis Jacq) dengan konsentrasi 5, 10, dan 15 persen.

Berharap dilegalisasi

Usai dilakukan evaluasi, sifat fisik dan uji proteksi terhadap nyamuk, hasil uji proteksi repellent spray ekstrak etanol cair bunga sawit jantan terhadap nyamuk bahwa FIII dengan konsentrasi 15 persen ditemukan bahwa hanya satu ekor nyamuk yang hinggap dari 25 ekor nyamuk, dibandingkan dengan formula lainnya.

Sedangkan kontrol positifnya adalah tidak ada nyamuk yang hinggap, sehingga dapat disimpulkan bahwa FIII merupakan repelan spray anti nyamuk yang memiliki aktivitas yang sangat kuat sebagai penolak terhadap nyamuk.

Baca juga: Tips Sukses Ikuti UTBK SBMPTN 2022 dari Wakil Rektor Unja

Uce berharap hasil temuannya tersebut tidak hanya sebatas penelitian saja, tapi akan dibuatkan merek dagang dan legalisasinya agar bisa dipasarkan.

"Saat ini hasil penelitian baru sebatas prototipe. Ke depanya, kita akan buat merek dan legalisasinya sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com