Hungaria Tambah Kuota Beasiswa 2023 bagi Pelajar Indonesia Kuliah S1-S3 Gratis

Kompas.com - 07/10/2022, 16:39 WIB

KOMPAS.com - Beasiswa Stipendium Hungaricum yang setiap tahun rutin dibuka bagi calon mahasiswa Indonesia lanjut kuliah S1, S2 hingga S3 di Hungaria akan ditambah kuotanya untuk tahun 2023.

Penambahan kuota beasiswa kuliah bagi pelajar ini merupakan bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Hungaria.

Beasiswa Stipendium Hungaricum merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Hungaria yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa di dunia termasuk Indonesia untuk berkuliah di sana.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

Sebelumnya, di tahun 2022 beasiswa ini diberikan kepada 100 mahasiswa Indonesia.
Sementara di tahun 2023 ada penambahan kuota menjadi sebanyak 110 bagi mahasiswa Indonesia.

Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Sofwan Effendi mengapresiasi pemerintah Hungaria, khususnya Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (Kemenludag) yang telah menyediakan sebanyak 100 beasiswa bagi WNI untuk studi di Hungaria.

“Dengan semakin tingginya minat WNI untuk studi ke Hungaria yang tercermin dari semakin meningkatnya jumlah pelamar Stipendium Hungaricum setiap tahun, maka diusulkan untuk menambah kuota beasiswa,” kata Sofwan selaku delegasi Indonesia dalam kunjungannya ke Hungaria, pekan lalu.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

Sofwan juga mengatakan Ditjen Diktiristek akan menambah biaya hidup untuk penerima beasiswa Stipendium Hungaricum tahun 2022.

Biaya tersebut untuk menutupi kekurangan biaya hidup selama maksimal 6 bulan yang disesuaikan dengan standar biaya hidup di Hungaria.

“Kemendikbudristek telah menindaklanjuti surat dari KBRI kepada Mendikbudristek terkait permohonan top-up biaya hidup bagi penerima beasiswa Stipendium Hungaricum,” ujar Sofwan dilansir dari laman Dikti Kemdikbud.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.