Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 16:15 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Setelah lulus program Sarjana (S1), banyak masyarakat yang ingin studi lanjut program Magister (S2) atau profesi.

Berbicara studi lanjut, negara Prancis menjadi salah satu tujuan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, khususnya mengambil program S2.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Setelah negara-negara seperti Amerika, Inggris, dan Australia, mahasiswa internasional kerap memilih Prancis sebagai negara pilihan studi. Hal ini tentu ada dasarnya.

Penanggung Jawab Campus France Yogyakarta, Andraine Arkenzi Febreinza mengungkapkan beberapa alasan di balik ramainya mahasiswa internasional yang kuliah di Prancis, setelah Amerika, Inggris, dan Australia.

"Pertama, karena Prancis punya banyak peneliti yang mendapatkan penghargaan internasional. Hal itu jadi satu bukti Prancis itu pendidikannya tidak diragukan lagi," ucap dia dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Kedua, negara Prancis juga memadai untuk berinovasi bagi para wiraswasta muda.

"Lingkungan hidup di Prancis juga diklaim nyaman dan menyenangkan," ungkap dia.

Alasan ketiga adalah ada banyak destinasi wisata menarik bagi mahasiswa internasional. Gaya hidup ala Prancis juga menarik untuk diikuti.

Selain itu, ada banyak industri maju dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di Prancis.

"Beberapa jurusan di Prancis juga tidak ada atau belum ada di Indonesia. Jadi ini salah satu keunikan kuliah di Prancis," jelas Andreine.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Ciri Orang Punya Kesehatan Mental yang Baik

Jenjang dan biaya kuliah di Prancis

Pemerintah Prancis sangat membuka diri untuk mahasiswa internasional. Sistem pendidikan terkait lama studi hampir sama di Indonesia.

Jenjang S1 (License) memiliki durasi tiga tahun, jenjang S2 berdurasi dua tahun, sedangkan doktor (S3) berdurasi tiga tahun.

Terkait biaya studi, Pemerintah Prancis menyubsidi 2/3 biaya pendidikan di universitas negeri per tahun untuk mahasiswa asing.

Biaya studi untuk jenjang S2 memerlukan biaya 3.770 euro per tahun, sedangkan S3 hanya 380 euro per tahun di universitas negeri.

Jika terkendala masalah biaya pendidikan, jangan khawatir karena sejumlah beasiswa tersedia untuk mahasiswa yang ingin studi di Prancis.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com