Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 16:00 WIB
Andia Christy,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan Top 1.000 sekolah terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Agustus 2022.

Di kawasan Jawa Barat, SMAK 1 BPK Penabur Bandung menduduki posisi pertama. Sementara di tingkat nasional, sekolah itu berada di posisi ke-9 dengan skor 630,562.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, SMAK 1 BPK Penabur Bandubg berdiri pada 1965. Sekolah ini didirikan berangkat dari sejumlah peristiwa nasional yang menimpa Indonesia, seperti gejolak politik yang dinilai memanas.

Menyadari keadaan dan situasi itu, beberapa pemuda dan pemudi Kristen dari berbagai gereja di Bandung merasa terpanggil untuk mendirikan sebuah sekolah lanjutan atas.

Hal ini dilakukan untuk menampung pemuda-pemudi usia sekolah yang tidak tertampung di sekolah-sekolah tingkat atas negeri. Dan juga bagi para lulusan sekolah asing yang tidak ingin atau tidak dapat melanjutkan sekolah di luar negeri.

Bulan Juli 1965, barulah dimulai tahun ajaran pertama dengan nama SMA Kristen Kosambi.

Hingga akhirnya pada 1976 nama SMAK BPK Kosambi diubah menjadi SMAK 1 BPK Penabur Bandung. Perubahan nama itu sampai saat ini.

Puncaknya, tahun 2001 SMAK 1 BPK Penabur Bandung resmi mendapat ijin sebagai sekolah pertama di Kota Bandung yang berhak mengadakan program aselerasi.

Sekolah ini juga meraih rata-rata Ujian Nasional (UN) tertinggi program IPA dan IPS selama 3 tahun berturut-turut sejak 2017, 2018, dan 2019.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Ciri Orang Punya Kesehatan Mental yang Baik

Hingga tahun 2022, terdapat 37 siswa yang berhasil diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sementara 41 siswa berhasil diterima melalui jalur Mandiri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Visi dan misi SMAK 1 Penabur Bandung

Layaknya sekolah pada umumnya, tentu SMAK 1 BPK Penabur Bandung memiliki visi dan misi.

Dalam jangka panjang, sekolah ingin menjadi lembaga pendidikan yang unggul melalui pembinaan mental spiritual berbasis nilai-nilai Kristiani, penguasaan IPTEK, dan pengembangan entrepreneurship untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, berkarakter, serta mampu bersaing secara global.

Sementara itu, misi sekolah dideskripsikan menjadi 5 poin.

  1. Mengembangkan karakter peserta didik melalui program pembinaan karakter berkesinambungan berbasis nilai-nilai Kristiani.
  2. Mengembangkan potensi para peserta didik melalui pendidikan dan pembelajaran bermutu yang menekankan pada keterampilan abad 21 dan kecakapan hidup sehingga mampu bersaing secara global.
  3. Mengembangkan pembelajaran aplikatif melalui pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).
  4. Mengembangkan pembelajaran yang mengembangkan entrepreneurship, pantang menyerah, kreatif, dan inovatif dalam mencari solusi.
  5. Menciptakan sekolah yang terus bertumbuh berinovasi dalam budaya mutu.

Baca juga: Mau Sukses Turunkan Berat Badan? Ini 5 Kunci Diet dari Ahli Gizi UGM

Program unggulan SMAK 1 Penabur Bandung

SMAK 1 BPK Penabur Bandung memiliki slogan BEDA yang merupakan singkatan dari Brilliant, Excellent in Education, Dare to Innovate, and Awesome Attitude.

Melalui slogan ini, terdapat harapan agar lulusan sekolah menjadi seseorang yang tidak hanya cerdas tetapi juga berkarakter.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com