Kompas.com - 07/10/2022, 16:00 WIB
|
Editor Dian Ihsan

 

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan Top 1.000 sekolah terbaik tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Agustus 2022.

Di kawasan Jawa Barat, SMAK 1 BPK Penabur Bandung menduduki posisi pertama. Sementara di tingkat nasional, sekolah itu berada di posisi ke-9 dengan skor 630,562.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, SMAK 1 BPK Penabur Bandubg berdiri pada 1965. Sekolah ini didirikan berangkat dari sejumlah peristiwa nasional yang menimpa Indonesia, seperti gejolak politik yang dinilai memanas.

Menyadari keadaan dan situasi itu, beberapa pemuda dan pemudi Kristen dari berbagai gereja di Bandung merasa terpanggil untuk mendirikan sebuah sekolah lanjutan atas.

Hal ini dilakukan untuk menampung pemuda-pemudi usia sekolah yang tidak tertampung di sekolah-sekolah tingkat atas negeri. Dan juga bagi para lulusan sekolah asing yang tidak ingin atau tidak dapat melanjutkan sekolah di luar negeri.

Bulan Juli 1965, barulah dimulai tahun ajaran pertama dengan nama SMA Kristen Kosambi.

Hingga akhirnya pada 1976 nama SMAK BPK Kosambi diubah menjadi SMAK 1 BPK Penabur Bandung. Perubahan nama itu sampai saat ini.

Puncaknya, tahun 2001 SMAK 1 BPK Penabur Bandung resmi mendapat ijin sebagai sekolah pertama di Kota Bandung yang berhak mengadakan program aselerasi.

Sekolah ini juga meraih rata-rata Ujian Nasional (UN) tertinggi program IPA dan IPS selama 3 tahun berturut-turut sejak 2017, 2018, dan 2019.

Baca juga: Dosen Unair: Ini 4 Ciri Orang Punya Kesehatan Mental yang Baik

Hingga tahun 2022, terdapat 37 siswa yang berhasil diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sementara 41 siswa berhasil diterima melalui jalur Mandiri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.