Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Habiskan Rp 25 Miliar Renovasi SDN Grogol 09, Seperti Apa?

Kompas.com - 06/10/2022, 07:57 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum lama ini telah meresmikan empat gedung sekolah negeri di Jakarta dengan konsep bangunan rendah emisi (net zero carbon).

Dalam peresmian gedung tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim bahwa revitalisasi empat sekolah negeri tersebut menjadi konsep bangunan rendah emisi yang pertama di Indonesia.

SDN Grogol Selatan 09, Kebayoran, Jakarta Selatan adalah salah satu sekolah yang dipilih dalam pembangunan berkonsep net zero carbon.

Baca juga: Pemprov DKI Renovasi SMAN 96 Jakarta Berkonsep Net Zero, Telan Rp 37 Miliar

Bangunan dengan konsep tersebut dinilai menghasilkan emisi rendah, hemat saat beroperasi, dan sebagian besar energinya dipasok dari sumber energi terbarukan.

SDN Grogol Selatan 09 dipilih sebagai salah satu pionir bangunan berkonsep net zero carbon dengan harapan menjadi gerakan besar mencapai neraca zero emisi.

Anggarkan Rp 25 miliar dari APBD DKI

SDN Grogol Selatan 09 berlokasi di Jl. Panjang Cidodol No. 66, RT01/RW 13, Grogol Selatan, Jakarta Selatan, dengan lahan sekolah seluas 1.905 meter persegi memiliki jumlah siswa sebanyak 736 orang.

Melansir laman Instagram Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, SDN Grogol Selatan 09 berada di tengah pemukiman padat penduduk, tidak ada ruang terbuka, sedikit vetegasi, kontur yang lebih rendah dari jalan utama, dan termasuk daerah rawan banjir.

Area di luar bangunan tertutup perkerasan yang difungsikan sebagai lapangan. Dengan kondisi kontur lebih rendah dari pada elevasi jalan, menyebabkan lahan yang sangat rentan banjir.

Baca juga: Cek Besaran Gaji PPPK Guru 2022 dan Tunjangan, Ini Rinciannya

Selain itu, sekolah tersebut juga sudah mengalami kerusakan pada bangunan dan kekurangan jumlah ruangan kelas, sehingga tidak nyaman lagi untuk dipakai dalam proses belajar mengajar.

Dengan kondisi sekolah yang sudah dipaparkan di atas, Dinas Pendidikan DKI Jakarta memutuskan untuk melakukan renovasi total pada SDN 09 Grogol Selatan dengan konsep net zero carbon.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta membuat visi pembangunan sekolah yang baik secara desain, dapat memenuhi standar bangunan hijau. Pada akhirnya diharapkan dapat menjadi prototipe untuk pembangunan sekolah-sekolah lain di kemudian hari.

Pemprov DKI Jakarta kemudian menerjemahkan visi pembanguan tersebut dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar tentang bangunan hemat energi secara menyeluruh.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta pun menganggarkan dana sebesar Rp 25 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Harapannya dapat memenuhi standar bangunan hijau, setidaknya memenuhi kriteria Net Zero Healthy Building dengan panduan dari Green Building Council Indonesia.

Baca juga: Pemda Diminta Lunasi Pembayaran Gaji PPPK Guru yang Telat

Rancangan bangunan SDN 09 Grogol Selatan

Sekolah tersebut dirancang oleh arsitek D-Associates, Gregorius Yolodi dan Maria Rosantina dengan kontraktornya PT Adhi Karya.

Secara program, karena tingginya jumlah murid yang harus ditampung di lahan yang terbatas, maka strategi desainnya menempatkan ruang yang sifatnya umum dan ruang-ruang bersama di lantai dasar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com