Kompas.com - 06/10/2022, 07:57 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum lama ini telah meresmikan empat gedung sekolah negeri di Jakarta dengan konsep bangunan rendah emisi (net zero carbon).

Dalam peresmian gedung tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim bahwa revitalisasi empat sekolah negeri tersebut menjadi konsep bangunan rendah emisi yang pertama di Indonesia.

SDN Grogol Selatan 09, Kebayoran, Jakarta Selatan adalah salah satu sekolah yang dipilih dalam pembangunan berkonsep net zero carbon.

Baca juga: Pemprov DKI Renovasi SMAN 96 Jakarta Berkonsep Net Zero, Telan Rp 37 Miliar

Bangunan dengan konsep tersebut dinilai menghasilkan emisi rendah, hemat saat beroperasi, dan sebagian besar energinya dipasok dari sumber energi terbarukan.

SDN Grogol Selatan 09 dipilih sebagai salah satu pionir bangunan berkonsep net zero carbon dengan harapan menjadi gerakan besar mencapai neraca zero emisi.

Anggarkan Rp 25 miliar dari APBD DKI

SDN Grogol Selatan 09 berlokasi di Jl. Panjang Cidodol No. 66, RT01/RW 13, Grogol Selatan, Jakarta Selatan, dengan lahan sekolah seluas 1.905 meter persegi memiliki jumlah siswa sebanyak 736 orang.

Melansir laman Instagram Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, SDN Grogol Selatan 09 berada di tengah pemukiman padat penduduk, tidak ada ruang terbuka, sedikit vetegasi, kontur yang lebih rendah dari jalan utama, dan termasuk daerah rawan banjir.

Area di luar bangunan tertutup perkerasan yang difungsikan sebagai lapangan. Dengan kondisi kontur lebih rendah dari pada elevasi jalan, menyebabkan lahan yang sangat rentan banjir.

Baca juga: Cek Besaran Gaji PPPK Guru 2022 dan Tunjangan, Ini Rinciannya

Selain itu, sekolah tersebut juga sudah mengalami kerusakan pada bangunan dan kekurangan jumlah ruangan kelas, sehingga tidak nyaman lagi untuk dipakai dalam proses belajar mengajar.

Dengan kondisi sekolah yang sudah dipaparkan di atas, Dinas Pendidikan DKI Jakarta memutuskan untuk melakukan renovasi total pada SDN 09 Grogol Selatan dengan konsep net zero carbon.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.