Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Polibatam Ada Jurusan Pembuatan Chip, Satu-satunya di Indonesia

Kompas.com - 05/10/2022, 17:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Politeknik Negeri Batam (Polibatam) kini miliki Jurusan Manufacture of Electronics atau Pembuatan Chip.

Bahkan pembuatan chip tersebut menjadi satu-satunya di Indonesia guna membuat komponen chip untuk barang-barang elektronik, termasuk mobil listrik.

Menurut Direktur Polibatam, Uuf Bragjawidagda, pihaknya mengaku memiliki Jurusan Manufacture of Electronics dan jadi jurusan satu-satu di Indonesia yang ada hanya di Politeknik Negeri Batam.

Baca juga: USU Inovasi Pengolahan Rempah Jadi Obat Tradisional

Dikatakan, chip tersebut nantinya dapat digunakan untuk semua komponen elektronik, seperti komputer, handphone, mesin cuci, kulkas, termasuk mobil listrik yang kabarnya bisa menggunakan hingga 2.000 chip di dalamnya.

"Indonesia adalah pasar yang besar. Apakah kita akan hanya sebagai pasar saja, atau juga ikut bermain untuk memproduksi chip," ujar Uuf seperti dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Selasa (4/10/2022).

Tentunya, jurusan tersebut karen tidak lepas dari wilayah tersebut yang dikenal sebagai salah satu daerah industri di Indonesia. Maka tak heran, beberapa perusahaan juga telah melakukan kerja sama untuk pembuatan chip.

"Kita bersyukur Batam daerah industri dan beberapa perusahaan sudah memesan chip kepada kami. Maka dari itu, kami telah mempersiapkan sumber daya manusianya," tuturnya.

Ia juga mengatakan, beberapa mahasiswa jurusan tersebut juga telah melakukan magang di luar negeri. "Beberapa mahasiswa kami sudah magang di Hungaria, dan mendapatkan uang saku," imbuhnya.

Sebagai informasi, selain Jurusan Manufacture of Electronics, Polibatam juga memiliki Jurusan Industri Pesawat Terbang yang dilengkapi dengan sarana hanggar dan pesawat.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Printer 3D, Tingkat Keberhasilan Cetak 100 Persen

Serta Jurusan Animasi yang diketahui sudah memproduksi film kartun animasi. Jurusan Robotik juga sering diikutkan pada kontes dan pernah menjuarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com