Kompas.com - 04/10/2022, 14:11 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menjaga kestabilan diri untuk tetap penuh dengan motivasi dalam proses melakukan sesuatu itu sulit. Tak jarang sebagian orang mengalami demotivasi atau kehilangan motivasi.

Demotivasi tidak hanya terpaku pada kegagalan. Terdapat kondisi lain yang terkesan sederhana atau sepele, tetapi bisa memicu hal itu terjadi.

Guru Besar Ketahanan Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Euis Sunarti mengatakan banyak faktor yang menyebabkan demotivasi. Kedalaman demotivasi juga bervariasi.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar bagi Siswa

Penjelasan demotivasi

Setiap orang dapat mengalami demotivasi dengan beragam. 

"Kadang-kadang kita dapat memahami bahwa demotivasi pada seseorang terjadi karena sering dikecewakan, terutama jika orang tersebut merasa bahwa kinerjanya sebenarnya tidak buruk, dan merasa telah berusaha keras," ujar Prof. Euis melansir dari situs resmi IPB.

Namun ternyata, lanjut dia, demotivasi juga bisa terjadi karena alasan yang terkesan "sepele". Misalnya, ditegur dengan alasan yang cukup gamblang, dan bertujuan mendidik.

Kasus ini, kata dia, sering terjadi di kalangan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Alasan semacam ini masih bisa dipahami.

Dosen IPB dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia (IKK-Fema) ini mengatakan, faktor utama penyebab demotivasi adalah tidak adanya nilai dan tujuan hidup yang kuat.

Oleh karena itu, kemampuan bangkit setelah demotivasi juga beragam, sesuai dengan kemauan dan tujuan hidup yang kuat.

"Seberapa besar orang tersebut memiliki kekokohan dan nilai hidup itu sendiri serta self-benefit yang sangat tinggi, maka mereka bisa bangkit meski telah mengalami demotivasi," ujarnya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Overthinking yang Sering Terjadi ala Psikolog IPB

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.