Kompas.com - 04/10/2022, 13:13 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kelainan gigi dan rahang bisa ditangani sejak anak-anak dan sedini mungkin.

Jika bisa ditangani sejak dini, proses penanganan kelainan rahang dan gigi pada anak tersebut bisa lebih sederhana.

Penting bagi orangtua untuk memperhatikan bentuk rahang dan gigi buah hatinya. Sehingga bentuk, fungsi dan kesehatan gigi anak tetap terjaga

Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Endah Mardiati mengatakan, kelainan gigi dan rahang sebaiknya mendapat perhatian sejak masa anak-anak atau masa gigi bercampur.

"Karena jika masa ini terlewati, perawatan akan menjadi lebih kompleks," kata Prof. Endah seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: 5 Penemuan Abad 21 Ini Berpengaruh Besar bagi Kehidupan Manusia

Susunan gigi dan rahang sering tidak diperhatikan

Prof. Endah menyampaikan, ketidakharmonisan susunan gigi dan relasi rahang seringkali tidak disadari orangtua dan anak-anak.

Padahal tumbuh kembang anak, termasuk rahang dan gigi anak juga harus menjadi perhatian agar penanganannya tidak terlambat.

Prof. Endah menambahkan, perawatan disharmoni rahang atas dan bawah merupakan perawatan ortodontik untuk mengoreksi relasi rahang atas dan rahang bawah ke posisi normal.

Dengan penanganan sejak dini, berbagai masalah seperti gangguan fungsi pengunyahan, kelainan sendi rahang, dan terganggunya psikis pasien dapat teratasi.

Baca juga: 5 Lowongan Kerja PAMA bagi Lulusan S1, Cek Kualifikasinya

Perawatan ortodontik bukan hanya untuk kecantikan

Prof. Endah mengungkapkan, perawatan ortodontik bukan hanya mengenai kecantikan atau kosmetik, melainkan perawatan untuk kesehatan.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.