Kompas.com - 04/10/2022, 12:31 WIB
|

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan usai lulus SMA/Sederajat bisa di mana saja. Ada banyak pilihan, mulai dari akademi, institut, sekolah tinggi, universitas atau sekolah kedinasan.

Tapi, bagi yang tertarik sekolah kedinasan dan ingin menjadi prajurit TNI, maka pilihannya hanya ada 3. Atau 3 matra TNI.

Akademi Militer (Akmil) bagi yang tertarik matra TNI AD, Akademi Angkatan Laut (AAL) bagi yang tertarik TNI AL. Atau Akademi Angkatan Udara (AAU) bagi matra TNI AU.

Baca juga: SMA Milik TNI AU Wisuda 148 Siswa, Banyak Diterima PTN hingga Masuk TNI/Polri

Terlebih bagi yang tertarik di matra udara, AAU adalah kampus terkenal sebagai pencetak perwira unggul TNI AU.

Profil AAU

AAU atau kepanjangan dari Akademi Angkatan Udara adalah salah satu badan pelaksana pusat TNI AU yang menyelenggarakan program studi pendidikan vokasi (Diploma IV).

Melansir laman tni-au.mil.id/portfolio/aau/, AAU dipimpin oleh Perwira Tinggi bintang dua atau berpangkat Marsekal Muda (Marsda) TNI. Seorang Gubernur AAU tentu dulunya juga lulusan dari AAU tersebut.

Saat kamu menyelesaikan pendidikan di AAU selama kurang lebih 4 tahun, nanti kamu akan dilantik oleh Presiden RI untuk menjadi Perwira Remaja yang berpangkat Letnan Dua (Letda) dan punya gelar Sarjana Terapan Pertahanan atau S.Tr. (Han).

Tugas Pokok

Menyelenggarakan pendidikan pertama perwira sukarela TNI AU tingkat akademi, bercirikan Prajurit pejuang Sapta Marga yang Profesional dan memiliki kemampuan akademis potensial dasar matra udara serta berkesemaptaan jasmani untuk menunjang tugas dalam pengabdiannya selaku prajurit TNI/TNI AU.

Baca juga: FESA TNI AU, Wujud Komitmen Yasarini Majukan Pendidikan

Visi AAU

"Menjadikan Taruna Gemilang Cemerlang Tanguh Lahir dan Batin"

Core Value Taruna AAU:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.