Kompas.com - 03/10/2022, 16:55 WIB


KOMPAS.com - Revolusi industri membawa banyak perubahan sehingga dibutuhkan beragam profesi yang mampu menjawab tantangan tersebut. Salah satunya ialah perkembangan revolusi industri 5.0 yang juga sedang dipersiapkan oleh Indonesia.

Revolusi industri 5.0 nantinya akan lebih fokus kepada sinergi peran manusia dengan teknologi. Juga bagaimana interaksi manusia ke mesin dan teknologi mampu memberikan kemajuan dan hasil yang maksimal.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Melansir situs resmi Universitas Pelita Harapan (UPH), ada lima (5) pekerjaan yang paling dibutuhkan dan berprospek cerah versi World Economic Forum (WEF). Dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa saat memilih bidang kerja ketika lulus.

1. Spesialis Artificial Intelligence (AI) dan Pembelajaran Mesin

Kecerdasan buatan seperti  (AI) mampu membantu berbagai industri menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan efektif. Atas dasar itu, profesi Spesialis AI berperan untuk menciptakan kecerdasan buatan yang dimiliki sistem komputer untuk meniru cara berpikir manusia.

Sementara Spesialis Pembelajaran Mesin adalah profesi yang fokus untuk pada pemanfaatan perangkat lunak dan keras yang menjadi bagian dari sistem perancangan AI.

Profesi ini membutuhkan kemampuan dalam mengolah algoritma untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah dan skala besar.

2. Analis Data dan Ilmuwan Data

Pemanfaatan teknologi yang terus berkembang di dunia harus diiringi dengan kemampuan mengolah data yang ada dalam jumlah besar (big data). Pengolahan big data tersebut dapat membantu manajemen dalam membuat keputusan dan menciptakan solusi untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

Ilmuwan data bertanggung jawab dalam proses identifikasi, perencanaan, dan pengolahan data untuk digunakan oleh analis. Produk data yang dihasilkan akan digunakan perusahaan dalam menentukan langkah selanjutnya.

Beberapa kemampuan yang perlu dimiliki adalah computer programming, matematika, dan statistika.

Sementara itu, seorang analis data memiliki peran untuk melakukan pengolahan, analisis, dan memvisualisasikan data yang tersedia dengan menggunakan tools tertentu agar dapat lebih mudah dipahami.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.