Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2022, 11:13 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Singapore Institute of Management (SIM), salah satu lembaga pendidikan dan era belajar sepanjang hayat (lifelong learning) melakukan rebranding guna berfokus pada industri dan keahlian yang akan memberikan manfaat bagi para pelajar dari berbagai kawasan, termasuk Indonesia.

“Dengan memanfaatkan pengetahuan, keahlian, dan teknologi baru, SIM menyediakan pengalaman belajar berbasis keahlian yang memungkinkan pelajar, para profesional, dan perusahaan untuk learn for life, thrive for life,” ujar Mohd Johan Bin Azman, sebagai Country Manager for Indonesia, di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Indonesia, Kamis (29/9/2022).

Untuk menegaskan komitmennya, SIM menandatangani dua Nota Kesepahaman dengan UIC College dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Gloria.

Baca juga: Intip Biaya Kuliah S1-S2 di 3 Negara: Australia, Selandia Baru, Inggris

Kemitraan dengan UIC College akan membuat SIM mampu membuka program diploma kepada masyarakat Indonesia dan memberikan kesempatan bagi pelajar untuk meraih gelar sarjana pilihan mereka di Singapura setelah lulus.

UIC College akan menjadi Pusat Pengajaran Luar Negeri SIM pertama di Indonesia, dan penerimaan mahasiswa pertama ditargetkan pada April 2023.

"Oleh karena itu, UIC College akan menjadi Pusat Pengajaran Luar Negeri SIM pertama di Indonesia. Penerimaan mahasiswa pertama ditargetkan pada April 2023," lanjut Johan.

SIM juga bermitra dengan SMA Gloria di Surabaya sebagai upaya melibatkan pelajar, memahami kebutuhan mereka di level pendidikan tinggi, menyelenggarakan seminar dan lokakarya, dan mengadakan wawancara beasiswa dengan SIM.

Akan dibuka program pertukaran pelajar bagi siswa untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan lintas budaya. Selain itu, SIM juga menyatakan komitmennya untuk menyesuaikan pendidikan di Indonesia, seperti kampus merdeka.

Bukan hanya peduli terhadap pelajar, SIM juga akan memberikan beasiswa kepada tenaga pengajar yang ada di Indonesia.

“SIM sendiri akan memberikan beasiswa bagi tenaga-tenaga pengajar seperti guru dan dosen agar mereka mampu menjadi tenaga pendidik yang lebih baik. Beasiswa yang diberikan berupa keahlian memimpin (leadership skill), kemampuan berkomunikasi (communication skill), berfikir kreatif (creative thinking), dan lain-lain,” pungkas Johan.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di 4 Kampus Singapura, Potongan Uang Kuliah hingga 100 Persen

Gerald Lum, Director, Branding, Marketing & Communications menambahkan dengan rebranding tersebut, SIM bertekad untuk memberikan pelayanan lebih maksimal sejalan dengan usaha Indonesia dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusianya.

 

Oleh karena itu, slogan baru Learn for life, Thrive for life mencerminkan misi sosial SIM untuk menginspirasi, meningkatkan keahlian, dan memberdayakan setiap pelajar secara individu, dan perusahaan sehingga dapat sukses dalam berbagai tahapan kehidupan, tambah Gerald.

SIM menjalankan misinya melalui SIM Global Education (SIM GE) dan SIM Academy. SIM GE berfokus pada jalur pendidikan tinggi dan SIM Academy berfokus pada Professional Development (PD) dan Enterprise Solutions (ES) untuk transisi dan kemajuan karier, dan solusi pembelajaran terintegrasi untuk perusahaan.

Lebih lanjut Gerald menyampaikan bahwa SIM menghubungkan pelajar dengan berbagai program pendidikan tinggi terbaik di dunia dari universitas-universitas yang telah diakui secara global yang tersebar di Inggris, Australia, Amerika, dan Eropa.

Hingga saat ini, SIM Global Education telah mencatat sebanyak 16.000 mahasiswa yang berasal dari 40 negara. Totalnya, lebih dari 176.000 pelajar yang telah menggunakan jasa SIM tersebut, dengan jumlah pelajar Indonesia sebesar 19 persen dari populasi mahasiswa tersebut.

Baca juga: 5 Program Beasiswa S1-S2 Inggris, Beri Biaya Kuliah hingga 100 Persen

SIM membantu perusahaan mengembangkan karyawan berprestasi dan sumber daya manusia melalui solusi sesuai kebutuhan dengan menggunakan model pembelajaran terpadu SIM.

Solusi belajar tersebut diharapkan meningkatkan kemampuan kerja individu di perusahaan, memperbaiki hasil usahanya, dan meningkatkan nilai yang mereka tawarkan untuk pelanggan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com