Kompas.com - 30/09/2022, 18:29 WIB
|

KOMPAS.com - Beberapa siswa SMK Al Huda, Kota Kediri, Jawa Timur membuat inovasi yang patut diacungi jempol. Pasalnya, mereka berhasil membuat kacamata dengan sensor ultrasonik yang bisa membantu tunanetra.

Salah satu fiturnya ialah bisa memberikan perintah untuk berbelok. Serta dilengkapi dengan GPS dan lain-lain.

Salah seorang siswa, Daffa Eka Sujianto, mengatakan, produk tersebut merupakan hasil dari materi boothcamp yang telah mengajarkan berbagai cara menjalankan sensor dengan program python.

Baca juga: Siswa SMK Inovasi Sepeda Motor Berbahan Bakar Elpiji

Mengirim data sensor ke data IoT, cara menjadikan ide menjadi produk melalui tahap perakitan hardware, serta pembuatan program.

Adapun hasil inovasi itu diikutkan dalam ajang “Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 3 – 2021/2022” yang memasuki stage ketiga, yaitu IoT Product Development Bootcamp.

"Kami senang bisa lolos sampai ke stage ini karena belum pernah diajarkan materi-materi seperti itu," ujar Daffa dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Jumat (30/9/2022).

Dijelaskan, inovasi tersebut merupakan kacamata yang dilengkapi sensor ultrasonik, GPS, kamera, dan speaker yang bisa memberikan perintah berbelok kepada tunanetra berdasarkan data dari sensor.

Oleh karena itu, kacamata tersebut diciptakan untuk membantu tunanetra beraktivitas.

Meski demikian, tantangan yang dihadapi saat mengerjakan proyek tersebut terjadi pada tahap merakit hardware karena ada yang tidak mendukung atau malah tidak tersedia.

Baca juga: Mahasiswa UNS Inovasi Logam Tanah Jarang Jadi Baterai Lithium-Ion

Selain itu, beberapa sensor juga tidak bisa menangkap sinyal sehingga harus membeli perangkat baru.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.