Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Mahakam Ulu dan Ukrida Jalin Kerja Sama Beasiswa Bagimu Negeri

Kompas.com - 30/09/2022, 17:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) bertemu langsung pimpinan Ukrida dan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Mahakam Ulu (29/9/2022).

Setelah melalui seleksi ketat, pada tahun akademik 2022/2023 terpilih 13 calon mahasiswa Mahakam Ulu lulus seleksi dan mengikuti perkuliahan di Program Studi Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Industri, Manajemen, dan Sastra Inggris.

Wakil Rektor III Ukrida Denni Boy Saragih dalam sambutan mewakili Rektor Ukrida memberikan apresiasi atas kunjungan ini dan berharap dapat makin mempererat kerja sama antara Ukrida dengan Pemkab Mahakam Ulu melalui program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri (UBN).

Kebutuhan akan pembangunan dan pengembangan infrastruktur Mahakam Ulu direspon oleh Ukrida melalui program beasiswa ini," ungkap Denni Boy Saragih dikutip dari rilis resmi (30/9/2022).

Dalam sambutan perkenalan, Tiopilus Hanye mewakili delegasi DPRD Mahakam Ulu juga memberikan apresiasi tinggi kepada Ukrida, karena program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri ini menunjukkan kepedulian kepada pendidikan sampai ke pelosok tanah air Indonesia.

Anggota DPRD Mahakam Ulu berharap, kerja sama program beasiswa ini terus berlanjut mengingat Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan kabupaten baru memerlukan pembangunan infrastruktur sebagai daerah penyangga calon Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Letak kabupaten Mahakam Ulu sendiri dinilai strategis karena berada di tengah Kalimantan sehingga disebut Heart of Borneo.

Selanjutnya dalam perbincangan ada beberapa hal yang menjadi perhatian anggota DPRD Mahakam Ulu terutama mengenai kelanjutan program beasiswa untuk masa mendatang.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Pemerintah Serbia 2023, Kuliah Gratis hingga Uang Saku

 

Terkait hal ini, Wakil Rektor III Ukrida menyampaikan, tahun 2023 ada kesempatan yang sangat baik karena Ukrida menyediakan kuota beasiswa bagi 30 mahasiswa melalui program Beasiswa Generasi Teknologi.

Dalam kesempatan sama, Kepala Unit Marketing dan Public Relation Ukrida, Eddy Wijanto, menyampaikan ada kesempatan melanjutkan ke jenjang Master melalui program Fast Track Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Ukrida dengan Ming Chi University of Technology (MCUT), Taiwan.

Program ini pun memberlakukan seleksi yang ketat dimana mahasiswa setelah 3 tahun menempuh kuliah di FTIK Ukrida akan memperoleh kesempatan meraih gelar Master selama 2 tahun dengan beasiswa penuh termasuk biaya hidup selama kuliah oleh MCUT.

Peluang ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi para mahasiswa dari Mahakam Ulu yang mulai menjalani perkuliahan di FTIK Ukrida.

Tidak hanya beasiswa di FTIK, tetapi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Ukrida juga memiliki program dukungan pengembangan pendidikan, khususnya di jenjang S2 melalui program Magister Manajemen (MM), dengan konsentrasi Manajemen Persekolahan, Manajemen Rumah Sakit, Manajemen Gereja, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Pemasaran.

Ketua Program Studi Magister Manajemen Ukrida, Hery Winoto menjelaskan, prodi Magister Manajemen Ukrida terus memperkuat komitmen mengembangkan pendidikan pasca sarjana, terlebih setelah memperoleh kenaikan peringkat Akreditasi dari B menjadi Baik Sekali melalui Instrumen Suplemen Konversi-Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (ISK-BAN PT).

"Sejak berdiri pada tahun 1999, alumni program Magister Manajemen Ukrida sudah mencapai lebih dari 1.000 orang," tambah Hery Winoto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com