Kompas.com - 29/09/2022, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Naira Azra Senen, murid kelas 11 SMA Cikal Lebak Bulus berhasil meraih medali perak di Olimpiade Kedokteran Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Olimpiade Nusantara.

Meski sempat ragu karena belum pernah mengikuti olimpiade, namun niat untuk menuntut ilmu dan keinginan meraih pengalaman pengembangan diri membuat Naira tetap melangkah untuk mencoba.

"Buatku, kompetisi adalah sebuah media/tempat untuk menguji kemampuan dan belajar, karena dengan mengikuti kompetisi, kita dapat termotivasi untuk mempelajari banyak hal, yang mungkin kita tidak akan pernah tahu jika kita tidak mengikuti kompetisi sejak awal," ujar Naira dalam keterangan tertulis Sekolah Cikal.

Baca juga: Rahasia Izza, Siswa yang Lolos di 10 Kampus Dalam dan Luar Negeri

Sesi pelaksanaan olimpiade kedokteran nasional sendiri dilangsungkan secara daring, setiap murid yang berpartisipasi diberikan asesmen 40 pertanyaan pilihan ganda tentang Ilmu Kedokteran yang harus dikerjakan dalam waktu 55 menit.

Naira berhasil membuktikan diri di olimpiade yang diikuti oleh 1.900 murid SMP-SMA dari berbagai sekolah di Indonesia.

Ingin bermanfaat bagi sesama

Naira menyebutkan bahwa ia memiliki minat yang tinggi di bidang ilmu Sains demi membangun kebermanfaatan kelak bagi sesama manusia.

Sampai hari ini, minat tersebut tetap ada dan selalu ingin diasah olehnya melalui berbagai cara, salah satunya melalui kompetisi Olimpiade Kedokteran Nasional yang diikutinya ini.

“Betul sekali (Olimpiade Kedokteran Nasional menjadi salah satu cara mengasah minat), karena tentu saja minat (di bidang Sains dan Kedokteran masih ada dalam diri saya), dan karena minat itu juga saya mengikuti olimpiade,” ceritanya.

Baca juga: Kisah Guru Betty, Raih Penghargaan Internasional karena Empati Tinggi

Di sekolah, ia bahkan menyukai bidang disiplin Ilmu Biologi dan Kimia yang memberikannya ruang untuk lebih banyak mendalami dan mengeskplorasi tentang dunia sekitar dalam Sains dan terkait tubuhnya di disiplin Ilmu Kedokteran.

“Di sekolah pun, kedua program favorit saya adalah Biologi dan Kimia. Setiap ada sesi kelas, saya tidak belajar melalui buku saja, melainkan melakukan studi mendalam di dalam kelas. Rasanya saya mengeksplorasi hal-hal baru tentang dunia di sekitar dan dalam tubuh saya," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.