Kompas.com - 29/09/2022, 15:12 WIB

KOMPAS.com - SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerja sama dalam Penelitian Kebijakan Bahasa dan Pendidikan Bahasa di Asia Tenggara.

Hasil kuesioner dari penelitian tersebut dipaparkan ke publik dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) yang dilaksanakan pada tanggal 2 dan 26 September 2022.

DKT ini fokus pada informasi tentang bahasa internasional, bahasa asing, dan bahasa ASEAN yang diminati siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa pendidikan tinggi di kawasan Asia Tenggara.

Deputi Direktur program SEAQIL, Esra Nelvi M. Siagian memaparkan kesimpulan berdasarkan hasil kuesioner yang diperoleh dari 300 responden lebih berasal dari 25 sekolah menengah dan 21 institusi pendidikan tinggi.

Baca juga: 10 Negara dengan Skor IQ Tertinggi 2022, Berapa Skor IQ Indonesia?

Bahasa asing paling diminati untuk dipelajari

Esra mengatakan, dari kuesioner, diketahui bahwa responden tertarik untuk mempelajari tiga bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris, Prancis, dan Mandarin. Bahasa asing lain yang ingin mereka pelajari adalah bahasa Korea, Jerman, dan Jepang.

Bahasa Indonesia, Melayu dan Thailand adalah bahasa ASEAN yang paling populer yang dipilih oleh responden.

"Hampir semua responden memilih bahasa tersebut sebagai mata pelajaran pelengkap di sekolah mereka," kata Esra dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

Esra mengungkapkan, alasan umum terkait pilihan bahasa siswa mencakup aspek karakteristik bahasa itu sendiri, wisata, kebudayaan, dan pekerjaan.

Menurut dia, informasi tentang bahasa ibu dan bahasa lain yang digunakan dalam pendidikan juga diperoleh, selain bahasa yang diminati siswa.

"Kami menemukan bahwa bahasa ibu dipelajari di tingkat pendidikan menengah dan tinggi," imbuh dia.

Baca juga: Kisah Jenderal AH Nasution Bisa Selamat dari Penculikan G30S

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.