Kompas.com - 29/09/2022, 14:49 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 belum benar-benar usai, kuliah luring atau kuliah tatap muka sudah mulai dilakukan di masing-masing perguruan tinggi.

Meski sudah mengikuti kuliah luring di kampus, mahasiswa tetap harus memperhatikan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, mahasiswa yang mengikuti kuliah luring juga harus beradaptasi kembali setelah dua tahun harus mengikuti kuliah online.

Bagi para mahasiswa yang mengikuti kuliah luring, ada tips dari Help Center Universitas Airlangga (Unair). Webinar bertajuk Sukses Kuliah Luring Tanpa Baper Tanpa Mager ini menghadirkan dua pembicara yakni Akhmad Jayadi dan Muthmainnah.

Baca juga: Lintas Jurusan SNPMB 2023, Pengamat: Siswa Harus Tahu Kemampuan Diri

Berikut tips ikuti kuliah luring bagi para mahasiswa

Kuliah luring adalah exploring

Akhmad dari Help Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair mengatakan, banyak mahasiswa yang belum siap kuliah secara luring.

Beberapa alasan yang kerap disampaikan seperti takut tertular Covid-19, lebih nyaman kuliah daring, lebih banyak teman di dunia maya, dan berbagai alasan lainnya.

"Padahal, luring is exploring mengingat kampus memiliki banyak fasilitas yang tidak dimiliki tempat lain," kata Akhmad seperti dikutip dari laman Unair, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, kuliah secara luring sebenarnya juga memperbesar kesempatan mahasiswa untuk berkonsultasi dengan dosen secara lebih efektif.

Baca juga: Soal Tim Bayangan Nadiem, Komisi X: Tidak Pernah Dikomunikasikan

Selain itu, kuliah luring juga mendatangkan berbagai manfaat positif lainnya bagi para mahasiswa, seperti memperluas relasi yang telah dibangun selama ini.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.