Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keterampilan Hidup yang Perlu Diajarkan Orangtua agar Anak Mandiri

Kompas.com - 29/09/2022, 12:24 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menjalani kehidupan tentu tidak selalu berjalan mulus seperti harapan. Ada kalanya hidup berjalan di luar rencana sehingga membutuhkan keterampilan hidup untuk tetap bisa bertahan dan tak berputus asa.

Keterampilan hidup atau life skill bisa menolong seseorang mengatasi berbagai persoalan dalam hidup, khususnya saat benar-benar buntu menghadapi masalah.

Berikut sejumlah keterampilan hidup yang bisa mulai diajarkan orangtua kepada anak agar anak bisa tumbuh mandiri dan percaya akan kemampuan dirinya saat menghadapi persoalan hidup, melansir Sekolah BPK Penabur:

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

1. Kemampuan mengambil keputusan

Membuat keputusan yang tepat merupakan keterampilan hidup yang perlu dipelajari anak. Keterampilan ini bahkan perlu diajarkan sejak usia dini.

Orangtua bisa memulainya dengan mengajak anak mengambil keputusan dasar, seperti memilih rasa es krim vanilla atau strawberry, baju berwarna biru atau putih, bermain masak-masakan atau rumah-rumahan.

Untuk itu, orangtua perlu memberikan anak kesempatan untuk memilih banyak hal atas keputusannya sendiri. Sambil bertanya apa alasan anak memilih hal tersebut untuk mengasah kemampuan berpikir sebelum mengambil sebuah keputusan.

Saat anak memasuki usia Sekolah Dasar, ia bisa mulai belajar tentang manfaat dari sebuah keputusan maupun konsekuensinya.

Ajarkah pula bahwa bila keputusan tak selalu berakhir baik, namun itu bukan untuk disesali terlalu lama, melainkan menjadi tanda bahwa anak dapat belajar dan segera memperbaiki.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

2. Mengatur waktu

Mengajarkan untuk mengatur waktu bukan saja soal mengukur waktu yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu, tapi juga bagaimana menyelesaikan tugas dan menjaga jadwal tetap dilakukan secara rutin.

Mempelajari salah satu keterampilan hidup ini membantu anak menjadi pandai dalam mengelola waktu.

Dengan begitu, mereka bisa melakukan apapun dengan teratur. Mulai dari bangun dan tidur sesuai waktunya hingga tepat waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

3. Kesehatan dan kebersihan

Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai mengenalkan tentang kesehatan dan kebersihan. Sayangnya, orangtua sering kali menyuruh si kecil untuk mandi, menyikat gigi, mengganti pakaian dalam dan mencuci tangan, tanpa menjelaskan alasannya.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Sebisa mungkin jelaskan kepada anak kenapa kesehatan dan kebersihan sangat penting untuk kehidupan. Termasuk apa yang bisa terjadi bila tubuh tidak sehat.

Untuk menjaga rutinitas, orangtua bisa memulainya dengan membuat catatan yang memungkinkan anak-anak untuk menandai tiap tugas terkait kebersihan dan kesehatan, seperti menggosok gigi sebelum tidur.

4. Komunikasi

Anak yang belajar cara berkomunikasi yang baik akan dapat menyatakan pendapat, keinginan, kebutuhan dan ketakutannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com