Kompas.com - 29/09/2022, 08:47 WIB

KOMPAS.com - Bekerja di bidang pertanian, bukan lagi hal yang memalukan. Bahkan kalau jeli, bekerja di bidang ini justru menghasilkan cuan yang lumayan tinggi.

Banyak prospek kerja di bidang pertanian selain menjadi petani. Dari teknik ke sains veteriner, sains tanaman hingga penjualan, cukup luas karier di bidang.

Dikutip dari laman karir Institut Teknologi Bandung (ITB), berikut adalah beberapa prospek kerja di bidang pertanian yang menawarkan potensi yang besar dan prospek pekerjaan yang baik.

1. Agricultural engineers

Insinyur pertanian merancang sistem, mesin, dan peralatan untuk mendukung proses pertanian sekaligus meringankan pekerjaan dalam bidang pertanian. 

Baca juga: Jurusan Antropologi: Mata Kuliah, Prospek Kerja dan Kampus Pilihannya

Mereka menerapkan prinsip-prinsip teknik mesin, listrik, komputer, dan lingkungan untuk meningkatkan pekerjaan di bidang ini.

Profesional di bidang pertanian biasanya merupakan sarjana teknik pertanian atau biologi.

Berkarir di bidang pertanian pun dapat dilakukan oleh kita yang memiliki latar belakang pendidikan teknik listrik, mekanik, sipil, atau komputer tradisional, dan menyelesaikan proyek khusus atau magang di sektor pertanian.

2. Agricultural and Food Scientists

Ilmuwan pertanian dan pangan bertugas untuk menemukan cara meningkatkan produktivitas, kualitas, dan keamanan tanaman dan hewan ternak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.