Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 09:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan ilmu sosial dan politik, pemeringkatan universitas dunia yang dilakukan THE World University Rankings (WUR) by Subject 2022 untuk kategori bidang Social Sciences dapat menjadi acuan kamu untuk memilih universitas.

 

Ada lima indikator dalam penilaian yang digunakan oleh THE WUR 2022 dalam menentukan peringkat dari setiap universitas, antara lain pengajaran (teaching), riset (research), transfer pengetahuan (knowledge transfer), dan pandangan internasional (international outlook).

Dalam bidang ilmu sosial, THE WUR by Subject 2022 menyoroti universitas yang memimpin dalam studi ilmu komunikasi dan media, politik dan hubungan internasional (termasuk studi pembangunan), sosiologi dan geografi.

Baca juga: 5 Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

Berikut rangkuman Kompas.com tentang biaya kuliah di enam kampus jurusan ilmu sosial terbaik Indonesia untuk tahun ajaran 2022/2023, dirilis dari laman masing-masing universitas.

 

1. Universitas Indonesia (UI)

Ranking dunia: 401-500

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) dibagi menjadi tujuh program studi (prodi) yakni Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, dan Kriminologi.

Baca juga: 6 Jurusan Ilmu Komputer Terbaik Indonesia 2022 dan Biaya Kuliahnya

a. Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B)

BOP-B dibayar kisaran Rp 100.000-Rp 5 juta (dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Sejak 2013, untuk program S1 reguler tidak dikenakan uang pangkal karena disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

b. Tarif UKT Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P)

  • Kelas 1: Rp 7.5 juta
  • Kelas 2: Rp 10 juta
  • Kelas 3: Rp 12.5 juta
  • Kelas 4: Rp 15 juta
  • Kelas 5: Rp 17.5 juta

Baca juga: 12 Cara Cepat Mahir Bahasa Inggris yang Bisa Dicoba

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Ranking dunia: 601+

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) di Universitas Airlangga memiliki tujuh prodi yakni Sosiologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, Ilmu Hubungan Internasional, Antropologi, dan Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Bagi calon mahasiswa baru, dapat diterima melalui jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, Mandiri Reguler, dan Mandiri Kemitraan. Berikut biaya kuliahnya untuk TA 2022/2023:

a. Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan jalur SNMPTN

Besaran UKT FISIP dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN adalah sama. Biaya tersebut terdiri menjadi enam bagian yakni UKT I dibagi dalam tiga jenis.

  • UKT IA: Rp 0 – Rp 500 ribu
  • UKT IB: Rp 1 juta
  • UKT IC: Rp 2.4 juta
  • UKT II: Rp 6 juta untuk prodi Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan Hubungan Internasional, selainnya dikenakan biaya sebesar Rp 5 juta.
  • UKT III: Rp 7.5 juta untuk prodi Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan Hubungan Internasional, selainnya dikenakan biaya sebesar Rp 6 juta.
  • UKT IV: Rp 10 juta untuk prodi Ilmu Komunikasi, Administrasi Publik, dan Hubungan Internasional, selainnya dikenakan biaya sebesar Rp 9 juta.

b. Biaya kuliah dengan jalur Mandiri Reguler

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com