Kompas.com - 27/09/2022, 14:46 WIB

KOMPAS.com - Mahir berbahasa inggris dapat diupayakan dalam waktu cepat bila dikakukan dengan usaha yang tepat.

Melancarkan bahasa Inggris bisa dilakukan di rumah dan bisa dilakukan sambil beraktivitas. Misalnya, mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga menjadi salah satu cara cepat mahir berbahasa inggris.

Dilansir dari laman Pusat Belajar Universitas Medan Area, berikut langkah-langkah mahir Bahasa Inggris dalam waktu cepat.

1. Sering mendengarkan lagu bahasa inggris

Saat mendengarkan musik berbahasa Inggris, kamu perlu melihat teks lirik musik. Dari teks tersebut akan membantu kamu belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar. Setelah itu, cobalah mendengarkan lagu tanpa teks, agar kemampuan listening bisa terasah.

Baca juga: Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? TBI: Bisa dengan Menonton Film

Cara ini adalah cara belajar bahasa inggris yang menyenangkan, dan dijamin tidak membosankan. Karena siapa yang menyangka jika mendengarkan musik saja bisa menguasai Bahasa Inggris.

2. Sering nonton film berbahasa inggris

Cobalah menonton film dari luar yang disertai dengan subtitle bahasa Inggris. Setidaknya, di dalam film ada banyak kosakata baru dan kosakata umum yang akan terus diulang-ulang.

Pengulangan-pengulangan inilah yang akan membantu kamu lebih familiar dengan pengucapan kata dan penulisannya.

3. Membaca buku berbahasa inggris

Cara cepat belajar bahasa Inggris bisa dilakukan lewat membaca buku novel berbahasa inggris.  Ketika kamu membaca, di sana kamu tidak hanya belajar bahasa tulis yang disampaikan penulisnya. Kamu akan belajar banyak kosakata baru.

Jika perlu, terjemahkan beberapa kata di novel lewat catatan di buku. Maka dengan alamiah, secara tekun kamu pun akan mahir dengan sendirinya.

Baca juga: 45 Singkatan Bahasa Inggris Kekinian Saat Chatting, Kamu Sudah Tahu?

4. Mencatat kosakata baru

Tips mudah belajar bahasa Inggris yang selanjutnya adalah mencatat kosakata baru yang kamu temukan. Setelah selesai membaca, mendengarkan musik atau seusai menonton film berbahasa inggris. Maka kamu perlu mencatat kosakata baru dan asing untuk memperkaya Bahasa Inggris. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.