Kompas.com - 26/09/2022, 14:06 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Satu lagi perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di Aceh yakni Universitas Teuku Umar (UTU).

Universitas Teuku Umar berada di Jalan Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681 menjadi incaran para calon mahasiswa yang berdomisili di Aceh dan sekitarnya.

Kali ini Kompas.com merangkumkan profil Universitas Teuku Umar berupa sejarah singkat, jalur masuk dan biaya kuliahnya. Yuk simak bersama informasi berikut ini:

Universitas Teuku Umar memiliki sejarah cukup panjang. Keberadaan kampus ini dimulai sejak tahun 1983 saat para ulama dan pemuka masyarakat Aceh Barat bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Aceh Barat merintis berdirinya suatu yayasan pendidikan dengan tujuan utama adalah mendirikan perguruan tinggi swasta.

Baca juga: Profil Universitas Syiah Kuala: Jurusan, Jalur Masuk dan Biaya Kuliah

Sejarah singkat Universitas Teuku Umar

Pada tahun 1984 berdirilah sebuah yayasan dengan nama "Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh".

Tepatnya tanggal 28 Agustus 1984 Yayasan tersebut resmi terbentuk dengan Badan Hukum Akte Notaris Nomor 45 Tahun 1984 dengan Notaris Hamonongan Silitonga di Banda Aceh.

Yayasan ini bercita-cita membangun suatu wadah Pendidikan Tinggi di Aceh Barat, yaitu “Universitas Teuku Oemar Djohan Pahlawan”.

Langkah awal yang diupayakan adalah mendirikan "Sekolah Pembangunan Pertanian" pada tahun 1984 yang diiringi dengan mendirikan "Akademi Pertanian Meulaboh".

Selanjutnya terjadi penataan kembali yayasan dengan Akte Perubahan AKTE Perubahan No.32 Tahun 1986 Tgl. 16 Agustus 1986 Notaris Munir.

Seiring bejalannya waktu, Universitas Teuku Umar terus berbenah, mempersiapkan diri sebagai universitas negeri. Mengingat, di wilayah Barat Selatan Aceh yang terdiri dari 7 Kabupaten/Kota Madya (Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Kabupaten Simeulue, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subulussalam) belum terdapat satu pun perguruan tinggi negeri.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.