Kompas.com - 26/09/2022, 11:41 WIB
|

KOMPAS.com - Usai lulus kuliah, tentu ada banyak tawaran pekerjaan yang menanti. Hanya saja, semua harus disesuaikan dengan jurusan kuliahnya.

Seperti halnya bagi lulusan hukum. Lulusan ini bisa bekerja menjadi hakim, pengacara, jaksa, hingga diplomat. Untuk menjadi seorang diplomat, seorang mahasiswa hukum harus mengambil peminatan hukum internasional.

Namun, peminatan itu tidak banyak diambil mahasiswa hukum karena dinilai memiliki mata kuliah yang sulit.

Baca juga: Penyebab Gagal Ginjal Kronik dan Cara Mencegahnya, Info Ners Unair

Terkait hal itu, International Law Students’ Association Chapter Universitas Airlangga (ILSA Chapter Unair) mengadakan webinar, Sabtu (24/9/2022).

Webinar “Career Talk #2: Deep Dive Into International Law Career Paths” itu mengundang Junior Diplomat Candidate di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Ken Bagus S Dharma, SH., dan Human Rights and Advocacy Assistant at Manushya Foundation, Felicity Salina, SH.

Menurut Ken, ada stigma di peminatan hukum internasional bahwa mahasiswa ada ketakutan untuk mengambil peminatan ini karena jumlah mahasiswanya sedikit, dosennya terlihat killer, dan sebagainya.

"Padahal, menurut saya dosen-dosennya perfeksionis karena hukum internasional ini urusannya dengan negara luar, jadi harus punya etos kerja tertentu," ujarnya dikutip dari laman Unair.

Baca juga: Ners Unair: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain itu, lingkungan pembelajaran peminatan hukum internasional sangat suportif sehingga seharusnya para mahasiswa tidak merasa takut.

Selain itu, banyak alumni yang suka membagikan tips mereka saat bekerja di Kementerian Luar Negeri.

Adapun tugas pokok diplomat ialah memperjuangkan kepentingan nasional melalui jalur diplomasi dengan negara asing yang berkenaan dengan isu politik, pertahanan, dan keamanan serta penegakan hukum.

Halaman:
Sumber UNAIR News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.