Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2022, 11:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai lulus dari jenjang SMA/sederajat, siswa akan lanjut ke perguruan tinggi. Maka dari itu, kamu butuh tips memilih jurusan kuliah.

Sebab, memilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan. Semua harus disesuaikan dengan minat, bakat, potensi dan lain-lain. Barulah menentukan jurusan kuliah serta kampusnya.

Agar tak salah pilih, maka butuh tips memilih jurusan kuliah dengan tepat. Informasi dirangkum dari laman Universitas Pasundan (Unpas).

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Tips memilih jurusan kuliah

1. Memahami potensi diri sendiri

Jadi, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu, ada baiknya kamu telah memahami potensi yang ada pada dirimu.

Jika kamu condong ke bidang sains dan teknologi, dahulukan jurusan yang berhubungan dengan keduanya, seperti teknik atau kedokteran.

Namun sebaliknya, jika kamu memiliki potensi di bidang sosial dan humaniora, maka pilihlah jurusan yang termasuk dalam rumpun tersebut.

Meski fenomena lintas jurusan sudah tidak asing, namun lebih baik sesuaikan dengan kemampuan dan potensi diri. Dengan begitu, aktivitas kuliah yang nantinya dijalani tidak terasa memberatkan.

2. Coba mengenali passion

Tips yang kedua ialah passion atau hasrat juga menjadi modal utama untuk menentukan jurusan kuliah.

Misalnya, kamu mempunyai kemampuan di bidang sains, tapi ternyata minat dan keinginan cenderung ke disiplin ilmu yang berseberangan, maka kamu bisa mempertimbangkan lintas jurusan.

Tentunya, hal itu sangat wajar, karena seseorang kerap mengalami perubahan ketertarikan. Namun perlu diingat, passion yang dimiliki harus benar-benar kuat.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

3. Melakukan riset

Ketika kamu hendak menentukan jurusan kuliah, maka kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini meliputi mata kuliah, biaya per semester, profil jurusan, hingga sebaran lulusan.

Kamu juga bisa membuat daftar jurusan kuliah yang masih memiliki korelasi dengan minat dan kemampuanmu. Bandingkan satu per satu sampai kamu memperoleh 2-3 jurusan terbaik.

4. Biaya kuliah

Adapun biaya kuliah menjadi aspek penunjang yang wajib direncanakan. Kamu harus berdiskusi dengan orang tua dan menimbang kemungkinan biaya yang dikeluarkan.

Jadi, jangan sampai ambil jurusan yang biayanya cukup mahal, tapi tidak sesuai dengan kondisi keuangan orang tua. Soal biaya, orang tua tentu akan mengusahakan.

Tapi kalau sulit direalisasikan, kamu bisa mengambil jurusan lain yang biayanya lebih terjangkau atau mencari beasiswa.

Baca juga: 4 Tips Pilih Jurusan Kuliah dari Psikolog UNS

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com