Kompas.com - 26/09/2022, 11:07 WIB
|

KOMPAS.com - Usai lulus dari jenjang SMA/sederajat, siswa akan lanjut ke perguruan tinggi. Maka dari itu, kamu butuh tips memilih jurusan kuliah.

Sebab, memilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan. Semua harus disesuaikan dengan minat, bakat, potensi dan lain-lain. Barulah menentukan jurusan kuliah serta kampusnya.

Agar tak salah pilih, maka butuh tips memilih jurusan kuliah dengan tepat. Informasi dirangkum dari laman Universitas Pasundan (Unpas).

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Tips memilih jurusan kuliah

1. Memahami potensi diri sendiri

Jadi, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu, ada baiknya kamu telah memahami potensi yang ada pada dirimu.

Jika kamu condong ke bidang sains dan teknologi, dahulukan jurusan yang berhubungan dengan keduanya, seperti teknik atau kedokteran.

Namun sebaliknya, jika kamu memiliki potensi di bidang sosial dan humaniora, maka pilihlah jurusan yang termasuk dalam rumpun tersebut.

Meski fenomena lintas jurusan sudah tidak asing, namun lebih baik sesuaikan dengan kemampuan dan potensi diri. Dengan begitu, aktivitas kuliah yang nantinya dijalani tidak terasa memberatkan.

2. Coba mengenali passion

Tips yang kedua ialah passion atau hasrat juga menjadi modal utama untuk menentukan jurusan kuliah.

Misalnya, kamu mempunyai kemampuan di bidang sains, tapi ternyata minat dan keinginan cenderung ke disiplin ilmu yang berseberangan, maka kamu bisa mempertimbangkan lintas jurusan.

Tentunya, hal itu sangat wajar, karena seseorang kerap mengalami perubahan ketertarikan. Namun perlu diingat, passion yang dimiliki harus benar-benar kuat.

Baca juga: Tertarik Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ini Prospek Kerjanya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.