Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2022, 09:49 WIB

KOMPAS.com– Pemberitaan terkait rentannya keamanan dan pencurian data yang menyerang berbagai perusahaan besar hingga situs pemerintah, membuat bidang keamanan siber atau cyber security menjadi sorotan.

Bagi kamu yang berminat ingin melanjutkan pendidikan di bidang cyber security, tersedia banyak universitas terbaik yang dapat menjadi pilihan. Menariknya, tersedia pilihan beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti LPDP Kemenkeu dan BPI Kemendikbus Ristek untuk melanjutkan studi cyber security dengan pembiayaan penuh.

Sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan cyber security. Program cyber security akan membekali mahasiswa untuk mampu menjaga keamanan, mendeteksi ancaman, dan merespon gangguan pada sebuah sistem informasi.

Baca juga: 5 Sekolah Penerbangan di Indonesia untuk Jadi Pilot, Intip Biayanya

Kamu juga akan mempelajari teknik merancang sistem keamanan dan pengujian sistem pertahanan dari serangan siber. Oleh karena itu, jurusan tersebut mencakup ilmu komputer, pemrograman, keamanan informasi, dan lainnya.

7 kampus terbaik untuk belajar cyber security dan pilihan beasiswanya

Berikut sejumlah universitas terbaik dengan kualitas pendidikan terjamin yang menyediakan jurusan cyber security dan cakupan beasiswanya, dilansir dari laman Instagram lembaga Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish:

1. Carnegie Mellon University (CMU), Amerika Serikat

CMU merupakan salah satu universitas riset swasta yang berlokasi di Pittsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Universitas tersebut memiliki lebih dari 14.500 mahasiswa, sekitar 1.300 fakultas, dan 109.900 alumni yang berasal dari sekitar 140 negara. CMU menyediakan program pendidikan S1, S2, dan S3 yang berkualitas.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

CMU dikenal sebagai salah satu kampus unggulan bidang cyber security pada jenjang master atau S2. Bahkan, mahasiswa Carnegie Mellon University berkesempatan belajar langsung dengan United States Computer Emergency Readiness Team (US CERT) tentang sistem siber keamanan negara.

Beberapa program yang ditawarkan adalah Information Networking (MSIN), Information Security (MSIS), Artificial Intelligence Engineering, Cyber Forensics and Incident Response Tranck, And Bicoastal Program (Information Security or Mobile And loT Engineering).

Persyaratan umum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+