Kompas.com - 26/09/2022, 09:33 WIB

KOMPAS.com - Jawa Timur menjadi salah satu kota pilihan bagi calon mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi S1. Setidaknya ada sekitar 328 perguruan tinggi yang berlokasi di Jawa Timur.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur yang diunggah pada 2022, jumlah mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Timur mencapai 297,925 mahasiswa sementara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mencapai 520,186 mahasiswa.

Guna memudahkan mahasiswa memilih perguruan tinggi, pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank 2022 berhasil merangkum perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur yang memenuhi kriteria seleksi UniRank 2022.

Baca juga: 3 Kota Terbaik buat Mahasiswa Versi QS WUR 2023, Bandung Nomor 1

Metode pemeringkatan yang digunakan lembaga tersebut dalam membuat daftar universitas terbaik di Indonesia ialah dengan mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan websitenya.

UniRank memiliki tiga kriteria penilaian website, yakni telah diakui dan terakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi Indonesia, menawarkan setidaknya pendidikan jenjang S1, atau pendidikan jenjang S2, dan S3, serta memberikan pembelajaran formal baik dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan daring.

Posisi pertama universitas terbaik di Jawa Timur diraih Universitas Brawijaya. Sementara di posisi peringkat nasional versi UniRank, UB menempati posisi ketiga.

Baca juga: Cara Daftar MIT, Kampus Nomor 1 Dunia Versi QS WUR 2023

Lalu universitas terbaik kedua dan ketiga, siapa yang terbaik? Berikut daftar universitas terbaik di Jawa Timur versi UniRank 2022.

1. Universitas Brawijaya (UB)

  • Peringkat nasional: 3

2. Universitas Airlangga (Unair)

  • Peringkat nasional: 5

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.