Kompas.com - 25/09/2022, 18:07 WIB
|

KOMPAS.com - Jurusan kuliah Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan favorit calon mahasiswa. Setiap tahun peminat Jurusan Teknik Sipil selalu membludak.

Jurusan Teknik Sipil ini banyak dipilih calon mahasiswa karena prospek kerjanya yang sangat luas dan kisaran gaji lulusan Teknik Sipil yang cukup tinggi.

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Seorang lulusan Teknik Sipil perlu menguasai ilmu terkait desain, konstruksi hingga pemeliharaan lingkungan. Melansir dari laman Universitas Bandar Lampung, Minggu (25/9/2022), berikut prospek kerja jurusan Teknik Sipil setelah lulus dan kisaran gajinya.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika dan Kisaran Gajinya

Prospek kerja jurusan Teknik Sipil dan kisaran gajinya

1. Geotechnical Engineer

Prospek kerja Jurusan Teknik Sipil yang pertama adalah menjadi seorang Geotechnical engineer. Geotechnical engineer akan menggunakan mekanika batuan dan tanah untuk melakukan penyelidikan terhadap kondisi geologi bawah permukaan.

Investigasi tersebut digunakan dalam perancangan dan pembangunan fondasi untuk struktur, struktur tanah, dan juga perkerasan.

Sebagai seorang insinyur geoteknik kamu akan menangani bahaya dan risiko geoteknik yang berhubungan dalam setiap proyek teknik sipil. Kamu akan bertanggung jawab dalam menemukan solusi praktis untuk membuat proyek menjadi aman dan berkelanjutan.

2. Fire Engineer

Seorang fire engineer bertugas untuk memastikan bangunan dirancang agar bisa meminimalisir risiko dari kebakaran atau penyebaran api. Fire engineer bertugas merancang dan memberikan saran pada bangunan baru atau bangunan yang sedang direnovasi berkaitan dengan langkah-langkah keselamatan kebakaran.

3. CAD Technician

CAD Technician juga menjadi salah satu prospek kerja lulusan Teknik Sipil. CAD Technician sangat penting bagi dunia Teknik Sipil terutama dalam membuat desain, produk, dan suatu sistem.

Pekerjaan ini akan menggunakan perangkat lunak di industri untuk menyiapkan desain struktural dari suatu konstruksi. Sebagai seorang CAD Technician, kamu bisa bekerja di industri desain arsitek hingga industri manufaktur seperti pakaian, suku cadang, otomotif, elektronik, alat berat, dan masih banyak lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.