Kompas.com - 24/09/2022, 12:51 WIB

SOLO, KOMPAS.com – Siang itu di pertengahan Agustus 2022, Nurjati Ganendra (8) terlihat lesu. Wajahnya murung. Ketika disapa, dia memalingkan muka.

Yakin sang anak memiliki masalah sepulang sekolah, Sri Purwaningsih (33) pun kemudian mendekatinya. Tapi Nendra, sapaan akrab Ganendra, tak mau langsung bercerita.

Sri enggan memaksa. Dia lalu mengadukan kondisi Nendra kepada suaminya, Tri Suseno (42) sehabis kerja.

Baca juga: Ditjen Kebudayaan: Penghayat Kepercayaan Jadi Pelestari Budaya Spiritual Borobudur

Baru setelah makan malam bersama, Sri dan Seno menyaksikan Nendra menangis. Ini terjadi setelah Seno bertanya kepada jagoannya itu mengapa muram seharian. Nendra akhirnya menceritakan masalahnya.

Dari situ, Sri dan Seno mendapati putranya meneteskan air mata karena sempat diminta memimpin doa saat mengikuti pelajaran Agama Kristen oleh sang guru.

Nendra sedih lantaran sebenarnya tak mau melakukannya, tapi tak kuasa untuk langsung bicara.

Malu dengan teman-teman di kelas

Dia mengaku tak bisa melafalkan dengan baik doa agama Kristen berupa runtutan kalimat dengan memohon kebaikan kepada Tuhan Yesus atau Bapa.

Nendra malu dengan teman-temannya di kelas yang tak tahu jika dia sebetulnya adalah penghayat Kepercayaan.

Sebagai anak penghayat Kepercayaan Sapta Darma, Nendra bagaimanapun tak familier dengan doa agama Kristen. Sebab, dia punya cara berdoa sendiri.

Baca juga: Kisah Penghayat Kepercayaan di Gunungkidul, Tak Lagi Susah Urus Administrasi Kependudukan

Dalam Kepercayaan Sapta Darma, Nendra saben hari diajarkan untuk melafalkan “Allah yang Maha Agung, Allah yang Maha Rahim, Allah yang Maha Adil” sebagai doa di berbagai kesempatan.

Halaman Selanjutnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.