Kompas.com - 24/09/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Masalah kekurangan guru berstatus ASN, dipastikan Kemendikbud Ristek akan tuntas pada tahun 2023 hingga 2024.

Saat ini, banyak guru berstatus honorer dan jika ingin berstatus ASN, harus melewati seleksi  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Kemendikbud Ristek. 

Pelaksana tugas Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani mengatakan hampir semua daerah membutuhkan guru berstatus ASN. 

Baca juga: Rekrutmen PPPK Guru 2022, Kemendikbud Jelaskan 2 Pola Seleksi

Hingga kini, kebutuhan guru baru berstatus ASN baru tercukupi hingga 41 persen dari total formasi yang dibutuhkan.

"Meskipun begitu, sudah ada peningkatan (pemenuhan guru berstatus ASN). Estimasi kebutuhan guru honorer melalui PPPK akan tuntas pada tahun 2023 hingga 2024 selesai," kata Nunuk, Silaturahmi Merdeka Belajar, yang ditayangkan secara live, Kamis (22/9/2022).

Ia mengatakan, saat ini Kemendikbud Ristek fokus pada dua tata kelola guru. Pertama, penuntasan guru honorer menjadi ASN dan yang kedua adalah mengisi kekosongan atau kekurangan guru ASN. 

"Kalau penuntasan guru honorer, sudah berkoordinasi dengan panselnas dan Pemda, lewat PPPK inilah semua guru honorer diseleksi sesuai aspek yang komperehensif untuk menjadi ASN," tambahnya.

Untuk aspek kekosongan guru, Kemendikbud Ristek memenuhinya melalui Program Pendidikan Guru (PPG) Pra Jabatan untuk lulusan D4 dan S1.

"Ke depan, jika penataan guru non ASN selesai, semua kebutuhan guru di berbagai daerah akan dipenuhi melalui jalur PPG," Kata Nunuk.

Baca juga: Daftar PPG Prajabatan Gelombang 2, Dapat Beasiswa Rp 17 Juta

Sementara, pendaftaran Program Pendidikan Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 ditutup hingga 26 September 2022.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.