Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2022, 13:02 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meliris Rapor Pendidikan Indonesia sebagai salah satu upaya perbaikan mutu pendidikan di Indonesia.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menampilkan hasil Asesmen Nasional (AN) dan survei nasional satuan pendidikan (sekolah) atau daerah. Sekolah dan dinas pendidikan dapat menjadikan Rapor Pendidikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu rapor satuan pendidikan dan rapor pendidikan daerah. Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di sekolah sedangkan Rapor pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Baca juga: Nadiem Luncurkan Rapor Pendidikan Indonesia, Benahi Kualitas Pendidikan

Cara akses Rapor Pendidikan Publik

Selain ditujukan bagi satuan pendidikan dan pemerintah daerah, Kemendikbud Ristek juga membuka akses Rapor Pendidikan Publik bagi masyarakat.

Transparansi data rapor pendidikan kepada publik merupakan upaya untuk mengajak masyarakat ikut melihat, mengawal, dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Rapor Pendidikan Publik merupakan gambaran mengenai mutu pendidikan pada suatu wilayah berdasarkan kerangka penilaian yang dikembangkan dari model input, proses, dan output tentang kinerja atau efektivitas satuan pendidikan.

Rapor Pendidikan Publik mencakup sejumlah hal, seperti hasil kemampuan literasi dan numerasi berdasarkan Asesmen Nasional yang telah dilakukan.

Baca juga: Rancang BOS-BOP 2023 Makin Mudah Lewat Rapor Pendidikan

Kemampuan literasi adalah kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Sementara kemampuan numerasi adalah kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Masyarakat dapat melihat hasil Rapor Pendidikan dengan mengaksesnya melalui link https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/ 

Sementara bagi satuan pedidikan dan pemda, Rapor Pendidikan dapat diakses melalui laman situs https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ 

Untuk masuk ke dalam dashboard, satuan pendidikan maupun Dinas Pendidikan daerah wajib menggunakan akun pembelajaran (belajar.id). Jadi, pastikan dinas pendidikan dan satuan pendidikan telah memiliki akun pembelajaran.

Baca juga: Mengenal Fitur PBD Rapor Pendidikan dan Manfaatnya bagi Sekolah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com