Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2022, 15:27 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Massachusetts Institute Of Technology atau MIT termasuk salah satu kampus terbaik yang selalu masuk 3 besar dunia oleh beberapa pemeringkatan kampus.

Misalnya, di pemeringkatan QS WUR dan UniRank, Massachusetts Institute Of Technology atau MIT peringkat 1 terbaik dunia. Di pemeringkatan Webometrics, MIT peringkat tiga terbaik dunia.

Karena itu, banyak yang ingin kuliah di MIT lantaran tak cuma kampusnya yang berkualitas. Lulusan MIT pun jauh lebih dilirik dari kampus lainnya. Karena itu, persaingan masuk MIT sangat tinggi dan ketat. Lalu bagaimana cara agar lolos dan masuk MIT?

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

Caranya, calon mahasiswa atau pelajar bisa mempersiapkan beberapa hal, termasuk informasi mengenai kuliah di MIT lebih awal atau jika ingin, saat duduk di bangku menengah. 

Dilansir dari laman Schoters, berikut cara daftar ke MIT atau syarat yang diperlukan agar dapat masuk Universitas Massachusetts Institute Of Technology (MIT):

1. Membuat akun

Mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya wajib membuat akun di MyMIT. Selama pengisian akun tersebut, pastikan nama akun dan password yang dibuat mudah diingat dan jangan sampai salah dalam menjawab.

2. Mengikuti tes

Untuk mahasiswa internasional yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa sehari–hari, wajib mengikuti SAT Reasoning Test atau ACT Plus Writing dan 2 tes mata pelajaran SAT.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Inggris: Oxford, Cambridge, UCL

Antara lain 1 tes matematika (level 1 atau 2), dan satu lagi tes dari ilmu Sains antara Fisika, Kimia, atau Biologi.

Sedangkan untuk mahasiswa internasional yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari–hari wajib mengikuti salah satu dari 2 tes di bawah ini:

  • SAT atau ACT dan 2 tes mata pelajaran.
  • Tes mata pelajaran terdiri dari 1 tes matematika (level 1 atau 2) dan satu lagi tes dari ilmu sains antara fisika, kimia, atau biologi. Proses seleksi dalam tes ini sangatlah ketat, karena yang nantinya diterima ke universitas hanya yang memiliki peringkat
  • Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan tes 2 mata pelajaran SAT.
  • Tes mata pelajaran terdiri dari 1 tes matematika (level 1 atau 2) dan satu lagi tes dari ilmu sains antara fisika, kimia, atau biologi.

Tes yang perlu kamu ikuti ini memiliki standar minimal yang harus dipenuhi. Skor minimal TOEFL yang mesti dicapai tiap pelamar adalah:

  • Paper Based Test (PBT) sebanyak 577.
  • Internet Based Test (IBT) sebanyak 90.

3. Melaporkan skor yang didapat

Skor atau nilai dari tes yang telah diraih harus dilaporkan secara resmi ke universitas.

Nilai yang harus dilaporkan adalah nilai ujian ACT, SAT, atau TOEFL yang diselenggarakan Universitas Massachusetts Institute Of Technology bukan nilai TOEFL yang tertera di transkrip nilai.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa BPI Tahap 2, Kuliah S1-S3 Gratis dan Biaya Hidup

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com