Kompas.com - 18/09/2022, 11:13 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu lulusan Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) ini justru ingin mengabdi di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Bahkan Calista Felicia Ghaydaqila ini juga menjadi lulusan kedokteran termuda lantaran menyandang gelar sarjana kedokteran di usia 18 tahun dengan IPK 3,64.

Ia mengatakan, cita-citanya ke depan usai lulus Koas dan jadi dokter umum ingin mengabdi di daerah perbatasan atau daerah 3T. Sebab bagi dia, jumlah tenaga kesehatan di daerah tersebut masih terbilang sedikit dan tidak merata.

Baca juga: Mahasiswa UB Rancang Ekosistem Karbon Biru untuk Atasi Polusi Udara

"Mayoritas dokter banyak yang berada di Pulau Jawa atau daerah asalnya. Saya ingin sekali mengabdi di perbatasan dan menolong warga," ujarnya dikutip dari laman UB, Sabtu (17/9/2022).

Namun ia juga berharap bahwa keinginannya untuk mengabdi di perbatasan bisa disetujui oleh kedua orang tuanya.

Ia juga menjelaskan bahwa nanti ia ingin mengambil spesialis anak karena suatu saat dia akan menjadi seorang ibu.

Kunci sukses belajar Calista

Terkait cara belajar selama kuliah di UB, Calista mengaku bukan tipe mahasiswa yang memaksakan diri.

Bagi dia, kunci agar yang didapatnya bisa maksimal ialah belajar di waktu yang menurutnya efektif.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Deterjen Ramah Lingkungan dari Bahan Ini

"Jadi saya bukan tipe yang memaksakan diri untuk belajar. Saya hanya memanfaatkan waktu yang efektif untuk belajar," tuturnya.

"Misalkan saya belajar di pukul 03.00 dan kalau sudah lelah tidak akan saya lanjutkan. Kalau saya paksakan malah hanya lewat-lewat saja apa yang saya pelajari," imbuh dia.

Ternyata, ia memulai jenjang pendidikan pada usia 4 tahun di Sekolah Dasar. Lulus dari SD, Calista masuk ke program akselerasi di SMPN 3 Tangerang Selatan dan di SMAN 2 Tangerang Selatan.

Dari sekolah tersebut, Calista mampu menyelesaikan pendidikan selama dua tahun dan masuk Jurusan Kedokteran pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di usia 14 tahun.

Baca juga: Mahasiswa UB Gagas Biskuit Peningkat Imunitas

Calista bersama 1.023 lulusan lainnya menjalani prosesi wisuda di Gedung Samantha Krida UB, Sabtu (17/9/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber UB
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.