Kompas.com - 18/09/2022, 08:03 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Banyak anggapan bahwa anak di bawah lima tahun (balita) menonton YouTube menyebabkan keterlambatan bicara atau speech delay.

Keberadaan YouTube di kalangan anak-anak saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Namun sebaiknya ada aturan yang perlu diketahui orangtua dalam mengenalkan YouTube kepada buah hatinya.

Lantas benarkah nonton YouTube sebabkan speech delay pada anak? Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Sri Lestari membagikan tips bagi para orangtua dalam menggunakan YouTube untuk anaknya.

Baca juga: Institut Seni Terbaik di Indonesia 2022, Cek Jurusan dan Jalur Masuk

Nonton YouTube sebabkan speech delay

1. Bangun interaksi saat anak menonton YouTube

Tari menerangkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajak anak berinteraksi ketika menonton YouTube.

Perkembangan bahasa pada anak dipengaruhi oleh dua faktor yakni internal dan eksternal. Internal dapat dipengaruhi karena faktor genetik, otot bicara, dan kondisi syarafnya.

Sementara, faktor eksternal berkaitan dengan komunikasi dengan orangtua atau pengasuh, media, atau permainan yang biasa dimainkan.

"Media YouTube memang memiliki efek positif maupun negatif. Melalui visualisasi, anak menjadi terbantu memahami suatu konsep," jelas Tari seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Sabtu (17/9/2022).

Dia menjelaskan, YouTube merupakan salah satu media yang unggul dalam hal audio-visual. Namun, penggunaannya yang berlebihan pada anak dan tanpa pendampingan tentu akan membahayakan pengelihatan maupun perkembangan bahasa anak.

"Membiarkan anak menonton tanpa pendampingan berarti komunikasi hanya berjalan satu arah saja dan itu akan membahayakan perkembangan bahasa mereka," tegas Tari.

Baca juga: 5 Beasiswa Penuh S1-S3 Luar Negeri dengan Syarat Skor IELTS 6

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.