Kompas.com - 17/09/2022, 09:27 WIB

KOMPAS.com - Banyak universitas bergengsi dari berbagai negara yang bisa dipilih untuk melanjutkan pendidikan. Baik jenjang S1, S2, atau S3.

Salah satu wilayah yang sering menjadi destinasi para pelajar Indonesia adalah Timur Tengah. Di wilayah ini banyak deretan universitas Islam paling bergengsi yang banyak dipilih siswa internasional dari berbagai negara. 

Deretan universitas Islam ini, memiliki kualitas yang telah terbukti menghasilkan pemikir-pemikir hebat. Misalnya, Gus Dur, Quraish Shihab, Ibnu Khaldun dan lainnya.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Beasiswa BPI Tahap 2 untuk Program D4-S3

Lima universitas Islam top dunia ini tersebar di Mesir, Arab Saudi, Malaysia, Maroko dan Pakistan.

Dilansir dari Instagram Kursus Bahasa Inggris untuk Study Abroad (@titiknolenglish), berikut 5 universitas Islam paling bergengsi di dunia.

5 universitas Islam terbaik di dunia

1. Universitas Al Azhar (Mesir)

Universitas Al Azhar merupakan salah satu universitas Islam terpopuler yang menjadi salah satu pusat pendidikan Sastra Arab dan pengkajian Ahlussunah di dunia.

Universitas ini adalah universitas tertua kedua di dunia yang berdiri tahun 972 M. Banyak siswa pondok pesantren memilih kampus ini untuk melanjutkan studi.

Presiden ke-4 RI, Gus Dur pun ikut menimba ilmu disini. Tokoh Indonesia lainnya, ada Gus Mus, dan Quraish Shihab.

2. Universitas Islam Madinah (Arab Saudi)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.