Kompas.com - 16/09/2022, 14:37 WIB

KOMPAS.com - Survei Lingkungan Belajar (sulingjar) untuk Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 dibuka kembali bagi pendidik dan tenaga kependidikan seluruh jenjang SD, SMP, SMA, SMK sederajat.

Rencana, Survei Lingkungan Belajar bakal dibuka pada 19–28 September 2022. Hal tersebut tertuang dalam surat Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BSKAP Kemendikbudristek) Nomor 1451/H4/SK.02.02/2022 yang diterbitkan pada 6 September 2022 mengenai Survei Lingkungan Belajar.

ANBK 2022 dilaksanakan dengan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Baca juga: Survei Lingkungan Belajar 2022 Diperpanjang, Dibuka 10 Hari Lagi

Aspek penilaian Survei Lingkungan Belajar Survei Lingkungan Belajar merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.

Sementara, dibukanya kembali pengisian Survei Lingkungan Belajar tersebut, karena tingkat partisipasi pengisian Survei Lingkungan Belajar yang telah dilaksanakan sebelumnya belum optimal.

Kemendikbud Ristek menyebut, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan Dinas Pendidikan di Provinsi/Kabupaten/Kota. Simak, poin-poin penjelasan di bawah ini dikutip dari laman Ditsmp Kemendikbud Ristek.

1. Melakukan pengecekan satuan pendidikan yang mengikuti Survei Lingkungan Belajar melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id

2. Memastikan Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik telah mengisi Survei Lingkungan Belajar

3. Menyampaikan kepada satuan pendidikan yang belum mengisi atau belum lengkap agar segera melakukan pengisian Survei Lingkungan Belajar bagi kepala satuan pendidikan dan pendidik pada laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/

Baca juga: Link Latihan Soal Numerisasi, Literasi ANBK 2022 SD, SMP, SMA

4. Menginformasikan kepada operator satuan pendidikan untuk melakukan konfirmasi data bagi Kepala Satuan Pendidikan dan Pendidik yang tidak mengerjakan di laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.