Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Ajarkan Anak Menggosok Gigi dengan Benar

Kompas.com - 08/09/2022, 22:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Salah satu kewajiban bagi orangtua adalah mengajarkan anak pentingnya menjaga kebersihan sejak dini. Merawat gigi merupakan bagian dari menjaga kebersihan mulut dengan cara rajin menggosok gigi.

Namun, tak jarang anak sering kali susah diajak menggosok gigi karena rasa malas yang kerap muncul. Pentingnya menggosok gigi bukan hanya sekadar banyaknya odol yang dioleskan, tetapi juga dengan cara menyikatnya.

Dalam siniar Obrolan Meja Makan bertajuk “Ajarkan Anak Menggosok Gigi yang Benar” dijelaskan bagaimana cara mengajarkan anak menggosok gigi yang baik dan benar.

Langkah pertama yang disarankan untuk menggosok gigi dengan benar adalah memastikan air harus benar-benar bersih. Kemudian, gerakan menggosok harus dilakukan secara vertikal mulai dari gusi dengan gerakan satu arah.

Waktu Tepat Menggosok Gigi

Waktu tepat menggosok gigi, yaitu sesudah makan dan sebelum tidur. Setelahnya, orangtua bisa mengajarkan anak menjaga kebersihan lidah dengan kapas atau kasa.

Jika anak yang senang mengonsumsi makanan manis tak dibersihkan lidahnya, hal itu bisa mengakibatkan berkurangnya nafsu makan. Bahkan, bisa muncul juga jamur yang menyebabkan munculnya penyakit.

Kiat Anak Mau Menggosok Gigi

Tidak semua anak nyaman saat pertama kali menggosok gigi. Namun, sebagian dari mereka bisa memahami kalau menggosok gigi adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap hari.

Melansir Better Health Channel, berikut beberapa cara untuk mendorong anak mau menggosok gigi.

Baca juga: Kiat Agar Orangtua dan Anak Saling Mengerti

Buatlah suasana seriang mungkin. Orangtua bisa mengajak anak bernyanyi sambil memutar video atau aplikasi menggosok gigi. Ini dilakukan agar anak bisa nyaman.

Kemudian, bisa juga ajak anggota keluarga untuk memperlihatkan bagaimana cara mereka menggosok gigi.

Ajak juga anak membaca buku cerita yang dapat digunakan untuk membantu mengajari anak-anak tentang menyikat gigi.

Jika tidak menyukai rasa pasta gigi, coba ajak anak menyikat gigi tanpa pasta gigi terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan sedikit pasta gigi rendah fluoride dan rasa buah agar mereka terbiasa dengan rasanya.

Faktor-faktor Memengaruhi Kebersihan Gigi dan Mulut

Menurut Suwelo, kebersihan gigi dan mulut dipengaruhi oleh cara menyikat gigi dan jenis makanan. Mulut sebenarnya sudah mempunyai sistem pembersihan sendiri, yaitu air ludah, tapi dengan makanan modern seperti sekarang, pembersih alam ini tidak lagi berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, kita bisa menggunakan sikat gigi sebagai alat bantu untuk membersihkan gigi dan mulut. Sementara itu, tujuan menggosok gigi adalah membersihkan semua sisa-sisa makanan dari permukaan gigi serta memijat gusi.

Baca juga: Kenali Jerawat Mendem dan Cara Mengatasinya

Adapun makanan juga berpengaruh dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Itu sebabnya, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang bersifat membersihkan gigi, yaitu makanan yang berserat dan berair, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Sebaliknya, hindari makanan yang bisa merusak gigi, yaitu makanan manis dan mudah melekat pada gigi, seperti cokelat, permen, biskuit, dan lain-lain.

Simak obrolan seru lainnya seputar parenting, dan isu-isu yang cocok untuk pasangan suami istri maupun yang sedang mempersiapkan pernikahan, hanya di siniar Obrolan Meja Makan.

Episode “Ajari Anak Menggosok Gigi yang Benar” juga bisa Anda dengarkan melalui tautan berikut https://dik.si/omm_ajarianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com