Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2022, 21:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Pembanguan Jaya bekerja sama dengan Universitas Cologne Jerman, Universitas Symbiosis International India dan Universitas Tongji Tiongkok menggelar program “A Digi-Journey Through Asia and Germany” pada 8-19 Agustus 2022.

Program yang pernah dilaksanakan pada 2021, kali ini kembali dilaksanakan menggunakan format virtual dengan menekankan pada aspek interaksi dan komunikasi antar budaya dari Indonesia, Jerman, India dan Tiongkok.

“A Digi-Journey Through Asia and Germany” tahun 2022 diikuti 30 peserta dan lebih dari 20 pembicara dari empat negara, terdiri dari akademisi dan praktisi di berbagai klaster bidang.

Ada tiga sesi interaktif dan atraktif dari Universitas Pembangunan Jaya yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022, ketiga sesi tersebut mengedepankan peran pemuda Indonesia di level nasional dan global pada bidang lingkungan, olahraga dan fashion.

Sesi Universitas Pembangunan Jaya ini diisi oleh:

  • Ranitya Nurlita (Pegiat lingkungan dan Founder Waste Solution Hub)
  • Nurul Zuriantie Shamsul (Miss Universe New Zealand 2018)
  • Marcus Fernaldi Gideon (Pebulu tangkis Peringkat 1 Ganda Putra)
  • Stephani Widjaja (Pebulu tangkis Junior Oeringkat 1 Tunggal Putri) 

Ranitya Nurlita menjelaskan banyak hal terkait kampanye lingkungan yang sudah ia lakukan. Ia juga menjelaskan peran dan langkah yang bisa diambil oleh pemuda terhadap isu lingkungan yang terjadi di sekitar mereka.

Baca juga: MBM ISB Hadirkan Kerja Sama S2 Internasional bersama Universitas AS dan Swiss

 

Sementara Nurul Zuriantie Shamsul memulai sesinya dengan menjelaskan sejarah dan menampilkan tata cara membatik, sesi ini ditutup dengan praktik membuat pola batik di atas kertas dengan menggunakan alat tulis oleh peserta.

?A Digi-Journey Through Asia and Germany? digelar Universitas Pembangunan Jaya pada 8-19 Agustus 2022.DOK. UPJ ?A Digi-Journey Through Asia and Germany? digelar Universitas Pembangunan Jaya pada 8-19 Agustus 2022.

Sesi sharing experience and values Badminton menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta, karena negara asal peserta juga banyak menorehkan prestasi di cabang olahraga serupa.

Para peserta sangat antusias untuk bertanya kepada pengisi acara secara langsung dan mengetik di kolom komentar Zoom, Marcus Fernaldi Gideon dan Stephanie Widjaja menanggapi dengan baik.

Meskipun menggunakan bahasa Indonesia ketika menjawab pertanyaan, namun jawaban dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta karena bantuan terjemah dari moderator.

Baca juga: Dukung Pelaku UMKM, Iluni UI Jalin Kerja Sama dengan BKPM

Universitas Pembangunan Jaya berharap program ini akan berjalan secara kontinu dan ke depan tidak hanya diselenggarakan secara virtual, namun secara aktual atau tatap muka di salah satu negara peserta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com