Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Foundation Salurkan Beasiswa 2022, Beri Biaya Kuliah dan Hidup

Kompas.com - 02/09/2022, 12:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation menyalurkan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 kepada 420 mahasiswa Indonesia dari 38 kampus mitra.

Para penerima mendapatkan bantuan biaya SPP atau UKT, biaya hidup bulanan, dan biaya green action bertajuk Aksi Sobat Bumi serta capacity building.

Tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 juga mendorong mahasiswa untuk berprestasi dan peduli bumi, serta melestarikan budaya melalui pagelaran seni budaya.

Sejak dibuka pendaftaran pada 17 Maret hingga 17 April 2022, jumlah pendaftar Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 meningkat 10 persen dari penerima tahun lalu dengan total 15.054 pendaftar pada laman resmi.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Grab 2022

Selanjutnya, sebanyak 1.040 mahasiswa lolos tahapan seleksi administrasi dan mengikuti wawancara yang dinilai oleh staf kemahasiswaan perguruan tinggi hingga jajaran direksi dan dewan pengawas Pertamina Foundation serta perwakilan anak perusahaan PT Pertamina (Persero).

Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi atau disebut SOBI telah melalui berbagai tahapan, antara lain pendaftaran, seleksi administrasi, esai, dan wawancara, hingga terakhir focus group discussion (FGD).

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari menyampaikan FGD diadakan untuk meningkatkan kualitas penerima beasiswa.

Dina Rahmawati Farel Prayoga, disebut terikat kontrak oleh sebuah label musik selama 5 tahun.

“FGD ini adalah tahapan baru dalam seleksi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Harapannya, bisa meningkatkan kualitas penerima beasiswa untuk menghadapi dunia kerja, khususnya kemampuan memahami permasalahan, mengekspresikan ide dan pengetahuan terkait G20 serta membangun team work,” ujar Agus dalam keterangan tertulis Pertamina Foundation, Selasa (18/8/2022).

FGD adalah tahapan terakhir hingga akhirnya terpilih 420 mahasiswa yang terdiri dari 250 penerima Beasiswa S1 Reguler, 120 penerima Beasiswa Pertamina Afirmasi, dan 50 penerima Beasiswa Pertamina Vokasi.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi berkiprah sejak tahun 2011 dan telah memberikan beasiswa kepada 2.958 putra putri terbaik dari seluruh Indonesia. Tahun lalu, penerimanya mencapai 381 mahasiswa dari total pendaftar sebanyak 13.351 orang.

Salah satu penerima beasiswa, Agustinus dari Manajemen Pendidikan Universitas Cendrawasih mengatakan, menjadi SOBI adalah pencapaian terindah dalam hidupnya sebagai anak Indonesia timur.

"Beasiswa ini membukai jalan saya ke depannya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Papua supaya tidak tertinggal dan menyelamatkan hutan di sana. Terima kasih Pertamina sudah menerima saya," ucap Agustinus.

Sementara Jean Putra Sudidi, mahasiswa Teknik Perminyakan STT Migas Balikpapan yang juga menerima beasiswa mengungkap bahwa Pertamina telah memberikan kesempatan berharga bagi dirinya.

“Saya bersyukur bisa mendapatkan beasiswa ini dan berjanji untuk aktif mengikuti kegiatan-kegiatan SOBI, khususnya dalam melestarikan bumi. Sesuai dengan mottonya, Cintai Bumi Selamatkan Bumi,” tutup Jean .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com