Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 12:13 WIB

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation menyalurkan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 kepada 420 mahasiswa Indonesia dari 38 kampus mitra.

Para penerima mendapatkan bantuan biaya SPP atau UKT, biaya hidup bulanan, dan biaya green action bertajuk Aksi Sobat Bumi serta capacity building.

Tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 juga mendorong mahasiswa untuk berprestasi dan peduli bumi, serta melestarikan budaya melalui pagelaran seni budaya.

Sejak dibuka pendaftaran pada 17 Maret hingga 17 April 2022, jumlah pendaftar Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2022 meningkat 10 persen dari penerima tahun lalu dengan total 15.054 pendaftar pada laman resmi.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Grab 2022

Selanjutnya, sebanyak 1.040 mahasiswa lolos tahapan seleksi administrasi dan mengikuti wawancara yang dinilai oleh staf kemahasiswaan perguruan tinggi hingga jajaran direksi dan dewan pengawas Pertamina Foundation serta perwakilan anak perusahaan PT Pertamina (Persero).

Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi atau disebut SOBI telah melalui berbagai tahapan, antara lain pendaftaran, seleksi administrasi, esai, dan wawancara, hingga terakhir focus group discussion (FGD).

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari menyampaikan FGD diadakan untuk meningkatkan kualitas penerima beasiswa.

Dina Rahmawati Farel Prayoga, disebut terikat kontrak oleh sebuah label musik selama 5 tahun.

“FGD ini adalah tahapan baru dalam seleksi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Harapannya, bisa meningkatkan kualitas penerima beasiswa untuk menghadapi dunia kerja, khususnya kemampuan memahami permasalahan, mengekspresikan ide dan pengetahuan terkait G20 serta membangun team work,” ujar Agus dalam keterangan tertulis Pertamina Foundation, Selasa (18/8/2022).

FGD adalah tahapan terakhir hingga akhirnya terpilih 420 mahasiswa yang terdiri dari 250 penerima Beasiswa S1 Reguler, 120 penerima Beasiswa Pertamina Afirmasi, dan 50 penerima Beasiswa Pertamina Vokasi.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+