Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2022, 17:24 WIB

KOMPAS.com - Perubahan iklim kini menjadi ancaman kesehatan terbesar yang dihadapi umat manusia. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa untuk mencegah dampak bencana kesehatan dan mencegah jutaan kematian terkait perubahan iklim, dunia harus membatasi kenaikan suhu hingga 1,5 derajat Celcius. Bahkan, setiap tambahan sepersepuluh derajat pemanasan saja akan berdampak serius pada kehidupan dan kesehatan manusia.

Itulah mengapa, kini banyak orang secara global telah menuntut keadilan iklim (climate justice). Keberlanjutan dan aksi perubahan iklim lainnya menjadi begitu penting.

Dalam dunia pendidikan, universitas menjadi salah satu organisasi besar yang memiliki kontribusi terhadap emisi dan krisis iklim yang signifikan. Tindakan keberlanjutan yang ambisius dan nyata menjadi krusial.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

UMN siap jadi tuan rumah lokakarya UI GreenMetric 2022

Universitas Multimedia Nusantara (UMN), sebagai kampus swasta terhijau di Jakarta terpilih sebagai tuan rumah kegiatan “Lokakarya UI GreenMetric 2022” secara hybrid pada 30-31 Agustus 2022.

Tema yang diangkat adalah “Collective Actions for Transforming Sustainable Universities in the Post-Pandemic Time”.

UI GreenMetric World University Ranking sendiri adalah pemeringkatan Universitas tingkat dunia untuk mengimplementasi kegiatan kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Pemeringkatan ini telah diterapkan sejak 2010. Pada tahun 2021, sebanyak 956 universitas dari 79 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi dan UMN berhasil memperoleh peringkat ke-146 sedunia.

Universitas-universitas terbaik di seluruh dunia, termasuk UMN, telah berusaha untuk membuat perubahan dan berjuang untuk masa depan planet bumi.

Untuk ikut menjadi agents of environmental change, para perguruan tinggi harus memahami dan mendiskusikan cara mengurangi dampak iklim mereka sendiri.

Baca juga: Tanpa Perploncoan, OMB UMN 2022 Fokus pada Pengembangan Nilai Utama

Dengan program-program dan praktik kelembagaan yang berkelanjutan, perguruan tinggi dapat menjadi contoh global dalam aksi iklim untuk mencapai keadilan iklim dan membuat masa depan yang lebih baik bagi kita semua.

UMN Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Lokakarya UI Greenmetric 2022
Dok. UMN UMN Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Lokakarya UI Greenmetric 2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+