Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KGSB Dorong Guru Terapkan “The Art of Pedagogy” dalam Pembelajaran

Kompas.com - 28/08/2022, 19:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - KGSB (Komunitas Guru Satkaara Berbagi) dan Rumah Guru Bimbingan Konseling (RGBK) menggelar webinar series "Layanan Bimbingan Konseling Kreatif bagi Siswa" pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Webinar menghadirkan narasumber Fikri Faturrahman (Guru BK SMP Darul Hikam Bandung dan Konten Kreator) dan Ana Susanti (Founder Rumah Guru BK dan Widyaiswara Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat Kemdikbud Ristek).

Kegiatan webinar diikuti ratusan guru dan pengajar dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi di Indonesia serta Timor Leste. Salah satu pembahasan utama mengenai penerapan "The Art of Pedagogy” yang menyisipkan unsur seni dalam kreatifitas ke dalam metode pembelajaran untuk menggali kreatifitas.

Founder KGSB, Ruth Andriani mengatakan, KGSB berupaya memfasilitasi guru dalam meningkatkan kemampuan yang menunjang pendidikan dan pembelajaran kreatif. Melalui pedagogi kreatif akan mengajarkan siswa bagaimana belajar secara kreatif dan menjadi pencipta diri sendiri dan masa depan mereka.

“Semoga webinar ini menginspirasi Sahabat Guru Hebat dan mampun menerapkan metode pembelajaran kreatif untuk anak didik dengan memanfaatkan imajinasi, gambar, drama, musik dan cerita," ujar Ruth.

The Art of Pedagogy

Founder Rumah Guru BK, Ana Susanti dalam paparannya menjelaskan pentingnya menyisipkan The Art of Pedagogy, salah satunya dalam metode layanan konseling.

Konsep yang dipopulerkan oleh Profesor Robyn Ewing’s dari The University of Sidney ini menunjang guru untuk melibatkan aspek bermain, imajinasi, desain, ekspresimen, eksplorasi, provokasi, metafor, ekspresi dan representasi, serta komunikasi.

Sarana yang bisa digunakan bisa melalui seni tari, musik, bernyanyi, akting, melukis, memahat, puisi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Guru Besar UI: 3 Jenis Pencegahan Penyakit Kanker yang Perlu Diketahui

 

Indikator kreatifitas yang bisa dinilai dari The Art of Pedagogy adalah kemampuan berimajinasi, berpikir kritis, disiplin, kegigihan, keberanian, kemampuan mengambil resiko serta merefleksikan diri.

“The Art of Pedagogy adalah alat yang efektif untuk membuat layanan BK menjadi lebih menarik dan disukai. Dalam penerapannya, baik dan buruk karya yang dibuat siswa tidak terlalu penting," jelas Ana.

"Pengalaman dalam diri yang dialami siswa jauh lebih utama untuk membuatnya tumbuh dan mengetahui apa yang diinginkan,” tegasnya.

Dalam sesi ini, praktik baik yang dilakukan terkait literasi layanan bimbingan konseling kreatif. Fikri Faturahman menjelaskan sebagai langkah awal guru BK harus memiliki persepsi kreatif meliputi pengetahuan tentang BK, design thingking dan sifat adaptif atau fleksibel.

Pengetahuan tentang BK berfungsi sebagai dasar pengambil keputusan. Design Thingking bermanfaat dalam merencanakan layanan berdasarkan ide kreatif untuk memecahkan masalah di lingkungan sekolah.

Adapun sifat adaptif berguna untuk menyesuaikan terhadap berbagai perubahan kondisi sekolah.

Dalam mempraktikan layanan BK Kreatif, Fikri memberi penekanan pada empat aspek penting yang harus diperhatkan Guru Bk yakni Feel, Do, Imagine, Share.

Empat aspek penting dapat dimplementasikan ke tiga segmentasi layanan BK yakni layanan untuk semua siswa, layanan untuk sebagian siswa dan layanan untuk beberapa siswa.

“Sebelum memberikan layanan kreatif, seorang guru harus observasi dahulu untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan siswa," ujar Fikri.

Baca juga: PPG Prajabatan Gelombang 2, Lulusan D4/S1 Cek Syarat Jadi Guru

"Guru juga harus up to date terhadap tren kekinian yang relate dengan siswa mau dekat dan percaya sehingga terjalin engagement yang baik misalnya dengan gamifikasi,” tuturnya.

Dalam kegiatan webinar ini turut disimulasikan bersama peserta guru yakni gamifikasi interaktif Misi Agen Penyelamat Keadilan kreasi dari Fikri Faturahman. Gamifikasi ini salah satu contoh tools yang digunakan untuk mengatasi masalah minat belajar siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com